Login | Daftar
Semua Daftar Pesanan
Kosong
IdFilmCenter
@idfilmcenter
Beritahu teman
Berita
Messageboard
Blog
Bantuan
Kontak kami
Tentang FilmInfo
Beri donasi ke Indonesian Film Center. Bantu kami melestarikan dan merestorasikan Materi Audio-Visual Indonesia. Lihat juga Tentang kami.
Kategori Info:
S. Bagio
Tempat/Tanggal lahir
Purwokerto, Jawa Tengah, 3 Maret 1933
 
Informasi Dasar
Biografi Singkat:
Seorang pelawak dan pemeran Indonesia. Ia terkenal lewat grup lawak Bagio CS bersama Darto Helm, Diran, dan Sol Saleh.
Biografi Lengkap:
Di kelas VI SD, Drajat (yang belakangan juga jadi pelawak), mengajaknya main sandiwara. Perannya sebagai barang dalam karung yang dibawa Drajat di kereta api. Di Yogyakarta pula, Bagio berhasil memenangkan kejuaraan melawak, bersama Eddy Sud dan Iskak, yang selalu menempati urutan di bawahnya. Ini menentukan jalan hidupnya kemudian, meski ia terpaksa meninggalkan kuliahnya di FH UGM.

Sesudah bergabung dan berpisah enam kali, kelompok lawak yang awet dan akrab dengan Bagio justru Darto Helm, Diran, dan Sol Saleh -- yang sejak 1983 memisahkan diri. Bagio pernah juga membentuk grup ketoprak Suryo Budoyo, yang memakai bahasa Indonesia. Ia juga sedang menulis buku, Bagaimana Aku Melawak. Skenarionya yang sudah difilmkan adalah "Buah Bibir" dan "Pulau Putri".

Bagio CS selain muncul di televisi dan film, juga aktif di berbagai panggung dan rekaman lawak, kadang disertai Eddy Sud. Selain itu Bagio pernah menjadi peran utama film "Mat Dower" dengan aktris seksi diwaktu itu, yaitu Rahayu Effendi dan juga pernah dinominasihkan di FFI dalam film "Sang Guru".
Filmografi
Filmografi:
Belum ada informasi.
Materi Promosi
Galeri Foto
Festival & Penghargaan
Festival Kota, Negara Tahun Judul film Penghargaan Hasil
Festival Film Indonesia Jakarta, Indonesia 1982 Sang Guru Pemeran Utama Pria Terbaik (Piala Citra) Nominasi
Artikel
Trivia
Lain-Lain : » Ia satu-satunya anak lelaki keluarga Siswo Soewarno. Sejak kecil, si bungsu ini sering ditinggal ayahnya, Asisten Wedana Sumbang, Purwokerto, Jawa Tengah. Saat Bagio berusia 12 tahun, ibunya meninggal. Untuk mengusir sepinya, ia menghibur diri dengan keluyuran.
Kehidupan Pribadi/Keluarga : » Bagio ternyata aktif juga dalam berkampanye Keluarga Berencana. Padahal ketika pemerintah menggalakkan KB Bagio telah dikaruniai sembilan anak.
Ciri Khas : » Bagio biasanya memerankan tokoh yang kagetan dan latah dengan kata-kata "Eh, copot.. copot!" .
Tentang Indonesian Film Center | Kebijakan Privasi | Berkas Hukum | Periklanan | Bantuan | Kontak kami