Login | Daftar
Semua Daftar Pesanan
Kosong
IdFilmCenter
@idfilmcenter
Beritahu teman
Berita
Messageboard
Blog
Bantuan
Kontak kami
Tentang FilmArchive
Beri donasi ke Indonesian Film Center. Bantu kami melestarikan dan merestorasikan Materi Audio-Visual Indonesia. Lihat juga Tentang kami.
Bantuan FilmArchive
FilmArchive adalah bagian Indonesian Film Center (IdFilmCenter) yang dipersembahkan untuk materi arsip yang berhubungan dengan Indonesia (khususnya materi hitam-putih, dari tahun 1920 sampai dengan 1965).
Koleksi materi video ini dibagi ke dalam 6 kategori:
  1. Lain-lain, dan
 
 
Katalog FilmArchive
  1. Katalog FilmArchive (dapat Anda temukan pada palang menu di atas) berisikan daftar lengkap video yang tersedia di FilmArchive.  Katalog ini disusun sesuai urutan abjad.
  2. Setiap kategori FilmArchive juga memiliki katalognya masing-masing (dapat Anda temukan pada bar Kategori, di bawah running text); katalog per kategori ini juga disusun sesuai abjad.
  3. Anda juga dapat melihat daftar video berdasarkan tahun produksinya.  Anda dapat mengakses daftar ini jika Anda membuka salah satu halaman video di FilmArchive, kemudian mengklik tahun produksinya.  Selain itu, Anda juga dapat mengetik tahun yang ingin dituju di kotak pencarian.
 
 
Kotak Pencarian FilmArchive
Anda dapat mencari video berdasarkan tahun tertentu, nomor ID video tertentu atau tag word pilihan Anda.  Tag word tersebut bisa berupa nama, kutipan judul, sebuah lokasi, dll.  Pilih “Semua” untuk melihat video dari kategori apapun sesuai dengan tag word yang Anda masukkan; atau tentukan kategorinya untuk melihat video hanya dari kategori tersebut.
 
 
Garis Waktu FilmArchive
Anda dapat temukan Garis Waktu ini di halaman utama FilmArchive.  Fitur ini memberi kemudahan dalam menelusuri katalog, dengan cara yang sederhana.
  1. Anda bisa memulai dengan memilih tahun yang videonya ingin dilihat.  Letakkan tahun yang dituju ditengah (berwarna merah) dengan menggunakan penunjuk di ujung kanan dan kiri dari jejeran tahun tersebut.
  2. Pilihlah salah satu dari 6 kategori yang ada dengan cara mengklik salah satu kotak kategori di atas jejeran tahun tersebut.  Kemudian akan muncul sebuah strip film dibawah jejeran tahun yang akan menampilkan semua video dari kategori dan tahun yang telah dipilih.
  3. Ketika Anda menggeser tahunnya atau memilih kategori lain, strip film tersebut akan berubah sesuai tahun dan kategori yang baru.
  4. Klik di “Garis Waktu” untuk memulai dari awal.
 
 
Halaman Utama FilmArchive
Selain fitur-fitur yang telah disebutkan, di halaman utama FilmArchive, Anda juga dapat menemukan 1 strip film lagi, yaitu:
  1. Video Terpilih
Strip film ini akan menampilkan video-video terpilih, secara acak, dari keseluruhan koleksi FilmArchive.
 
Untuk saat ini, periode yang dimaksud adalah antara tahun 1926 sampai dengan 1962.  Seiring dengan perkembangan periode koleksi, video dan poster film yang ditampilkan di kedua strip film ini juga akan berkembang.
 
 
FAQs
Apakah saya harus terdaftar di IdFilmCenter untuk dapat menikmati FilmArchive?
Apa saja yang bisa saya lakukan di FilmArchive?
Bagaimana cara menonton video di FilmArchive?
Bagaimana cara berbagi (merekomendasikan) sebuah video dari FilmArchive?
Apakah saya bisa menggunakan video ini untuk kepentingan pribadi atau profesional?
Bagaimana saya dapat menghubungi pemilik video untuk meminta ijin tersebut?
 
 
Apakah saya harus terdaftar di IdFilmCenter untuk dapat menikmati FilmArchive?
Sama sekali tidak perlu.  Walaupun Anda tidak terdaftar sebagai pengguna IdFilmCenter, Anda sudah dapat menikmati semua fitur FilmArchive.
 
Apa saja yang bisa saya lakukan di FilmArchive?
  1. Anda dapat menonton video.
  2. Anda dapat membagi (merekomendasikan) video
 
Bagaimana cara menonton video di FilmArchive?
  1. Pilihlah salah satu video yang ditampilkan di halaman utama FilmArchive, atau dari katalog kami, atau dari hasil pencarian menggunakan kotak pencarian. 
  2. Klik pada judul video atau gambar video tersebut untuk membuka halaman video. 
  3. Klik pada kotak video untuk mulai menonton.
  4. Anda dapat menonton video tersebut dengan resolusi rendah atau tinggi dengan memilih kualitas video; tergantung dari seberapa cepat Anda koneksi internet Anda.  Jika koneksi internet Anda agak lambat, kami sarankan untuk menonton video tersebut dengan resolusi rendah.
 
Bagaimana cara berbagi (merekomendasikan) sebuah video dari FilmArchive?
  1. Anda dapat berbagi video dari FilmArchive dengan mengklik tombol “Share” pada kotak video. 
  2. Kemudian akan muncul kotak yang berisi link halaman video tersebut.  Anda dapat menyalin link ini ke sebuah e-mail dan mengirimkannya ke teman Anda. 
  3. Pada kotak tersebut juga ada pilihan untuk membagi link tersebut melalui Facebook, Twitter, Myspace dan e-mail. 
 
Apakah saya bisa menggunakan video ini untuk kepentingan pribadi atau profesional?
Semua video yang ada dalam koleksi FilmArchive hanya untuk ditonton khusus di website IdFilmCenter.  Jika Anda ingin menggunakan salah satu video tersebut, baik utnuk kepentingan pribadi maupun profesional, silakan hubungi langsung para pemilik hak cipta dari video tersebut.  Keterangan pemilik hak cipta ada di setiap halaman video.  IdFilmCenter tidak dapan menolak atau memberikan ijin penggunaan video manapun di FilmArchive.
 
Bagaimana saya dapat menghubungi pemilik video untuk meminta ijin tersebut?
Di setiap halaman video tersedia keterangan kontak pemilik video.  Keterangan pemilik video dapat ditemukan di sebelah kiri kotak video.  Di sebelah bawah ada sebuah link yang jika Anda klik, akan muncul sebuah kotak berisikan detil kontak yang Anda cari.  Silakan gunakan informasi itu untuk menghubungi pemilik resmi video untuk meminta ijin jika Anda ingin menggunakan video tersebut.
Tentang Indonesian Film Center | Kebijakan Privasi | Berkas Hukum | Periklanan | Bantuan | Kontak kami