Login | Daftar
Semua Daftar Pesanan
Kosong
IdFilmCenter
@idfilmcenter
Beritahu teman!
Berita
Messageboard
Blog
Bantuan
Kontak kami
Beri donasi ke Indonesian Film Center. Bantu kami melestarikan dan merestorasikan Materi Audio-Visual Indonesia. Lihat juga Tentang kami.
Blog IdFilmCenter

Festival Film Eropa - Europe on Screen 2012

Tanggal posting 22 November 2012, dibaca 9645 kali

 

 

Untuk pertama kalinya tahun ini saya menjadi direktur Europe on Screen Film Festival. Sejak Film Cannes Festival, Mei lalu, sampai sekarang saya telah berusaha untuk membentuk Europe on Screen Film Festival dan saya telah menonton ratusan film. Festival ini akan segera dimulai pada Minggu 25 November dan saya bangga bahwa kita bisa memperbaiki line up film.
 
Film pembuka adalah "Rust and Bone" dari Jacques Audiard ("UnProphete"). Marion Cotillard yang merupakan salah satu peran utama  "Batman: The Dark Knight Rises", "Edith Piaf ". Saya juga bangga bahwa kami memiliki Pemenang Cannes Jury Grand "The Kid with a Bike" karya Dardenne bersaudara, kami memiliki film pemenang Oscar "In a Better World" karya  Susanne Bier, kami memiliki pemenang Cannes 2012 "Amour" dan masih banyak lagi film-film besar lainnya.
 
Pada tanggal 13 November berlangsung press-conference untuk Eropa di Layar. Di bawah ini adalah ringkasan dari apa yang saya sampaikan selama konferensi pers.
 
CATATAN DARI ORLOW SEUNKE - PRESS CONFERENCE - Europe on Screen 2012
 
Saya bersyukur bahwa negara-negara anggota (Uni Eropa) meberi izin kepada saya untuk memilih film.
 
Ada 27 negara anggota & negara calon anggota 6.  Swiss yang masuk dalam list calon anggota pun berpartispasi.
50 top film dari 31 negara.
 
 Di Eropa kami membuat film sebanyak di Amerika Serikat. Kami membuat hiburan atas seperti film Swedia "Let the right one in" tapi kebanyakan orang hanya tahu remake Amerika dengan judul yang sama. "Reykjavik - Rotterdam" adalah sebuah film Islandia. Tapi kebanyakan orang tahu remake dengan judul Contraband, dibintangi Mark Wahlberg.
 
Film Eropa memiliki citra buruk. Orang-orang berpikir film memiliki "No ending" atau "an open ending" atau "heavy" atau ada "lots of talking".
Ini adalah tugas dari Europe on Screen untuk mengubah citra tersebut. Film dari Eropa adalah film yang menghibur.
 
XTRA menayangkan film besar pada tiga studio terbesar di Blitz Grand Indonesia, Erasmus Huis dan The GoetheHaus. Terdiri dari film-film besar box-office hit seperti Rare Exports (Finlandia), Hell (Jerman), The Heineken Kidnapping (Belanda), Salmon Fishing in Yemen (Inggris) atau film bermutu seperti pemenang Kompetisi Film Cannes 2012 Amour (Austria), Rust and Bone (Perancis), Pemenang 2011 Ulasan Grand Jury Cannes 2011 The Kid With a Bike (Belgia), pemenang Cannes competition comedy Looking for Eric, pemenang Oscar In a Better World (Denmark) dan yang sangat isimewa This Must Be The Place (Italia).
 
DISCOVERY menayangkan film yang sama baik namun merupakan karya sutradara yang kurang populer dan aktor yang kurang dikenal. Bagian ini menceritakan  sebuah kisah cinta menyentuh seperti Me Too (Spanyol). Ada film yang masuk kompetisi Oscar dari banyak negara seperti Declaration of War (Perancis), Summer Games (Swiss) dan film menarik lainnya seperti Fish n’ Chips (Cyprus), With Every Heartbeat (Swedia), Loose Cannons (Italia), The Last Days of Emma Blank (Belanda), 72 Days (Kroasia).
 
DOCU menayangkan 16 film dokumenter kualitas terbaik. Saya adalah programmer International Documentary Film Festival di Jakarta dan saya sudah memulai bagian dokumenter pada JiFFest.
El Bulli (Jerman) adalah sebuah film yang mengikuti orang-orang dari restoran 3-bintang sepanjang tahun. Abendland (Austria) menampilkan Eropa pada malam hari. Disco and the Atom War (Estonia) menunjukkan bagaimana Rusia berusaha untuk menghentikan Estonia menonton TV Finlandia. Garbo (Spanyol) adalah tentang orang yang membuat Jerman percaya bahwa invasi akan berlangsung di Calais dan tidak di Normandia. The Sunshine Boy (Islandia) dinarasi oleh Kate Winslet menunjukkan perjuangan seorang anak autis dan orang tuanya. Matchmaking Mayor (Slovak) adalah potret lucu walikota yang mencoba untuk menjaga populasi pada tingkat yang tepat dengan mencoba membuat acara perjodohan. Film dokumenter terbaik bagi saya adalah Vera68 (Ceko) tentang ratu senam tahun 1960. Pemenang Olimpiade di Tokyo 1964 dan Meksiko 1968 dan kemudian ia menjadi orang buangan komunis.
 
Film-film dokumenter yang besar ditayangkan pada Erasmus Huis dan Istituto Italiano, sedangkan film yang masuk kategori Discovery ditayangkan di GoetheHaus dan Istituto Italiano. Film-film yang lebih kecil akan diputar di Kineforum dan Institut Francais (Salemba), karena dua tempat ini memiliki kapasitas yang lebih kecil.
 
Kami senang bahwa kami juga memiliki Fringe Events. Ada sesi tanya jawab setelah pemutaran film Meet The Fokkens (Belanda). Kami bangga bahwa pembuat film ini akan menghadiri pemutaran dan sesi tanya jawab ini. Meet The Fokkens bercerita mengenai kembar berusia sekitar 69 tahun yang tetap memilih menjadi pelacur.
 
Akan diselenggarakan sebuah diskusi dengan Rudy Tjio setelah pemutaran film Erratum (Polandia). Beliau akan  berbicara tentang mendistribusikan film komersial dan mendistribusikannya ke festival.
Setelah Even the Rain (Spanyol) akan diadakan analisis film yang merupakan kerjasama dengan SAE Film Institute. Semua terbuka untuk umum.
 
[I]And last but not least[/I] ada Seminar Sinematografi bersama Canon pada Kamis 29 November. Yang  juga terbuka untuk umum. Canon akan berbicara mengenai kamera C300 mereka dan Legria Camcorder HD.
 
Kami menyelenggarakan kompetisi film pendek. Kami memiliki 157 pendaftar dan kami telah memilih 10 finalis.
 
Mereka adalah:
 
1. Bunglon - Angkasa Ramadhan | 9:07 min | 2012 
2. Ci Luck Ba - Satria Adiyasa | 11:00 min | 2012 
3. Jumprit Singit - Mahesa Desaga | 8:19 min | 2012 
4. Keripik Sukun Mbok Darmi - Heri Kurniawan | 4:00 min | 2012 
5. Merindu Mantan - Andri Cung | 10:00 min | 2012
6. Missing - Pinkan Veronique | 11:08 min | 2012 
7. Moriendo - Andrey Pratama | 6:30 min | 2012 
8. Payung Merah - Andri Cung & Edward Gunawan | 9:30 min | 2010 
9. Senyawa - Raphael Wregas Bhanuteja | 13:19 min | 2012 
10. Wan An - Yandy Laurens | 20:00 min | 2012 
 
Para pemenang akan mendapatkan 1 unit Canon Full HD Camcorder LEGRIA HFM52 untuk pemenang pertama, dan  1 unit Canon Full HD Camcorder LEGRIA HFM300 untuk pemenang kedua.
 
Salam,
Orlow Seunke.

 

Blog Komentar
Tutup komentar Tampilkan semua komentar
Tambah Komentar

Tentang Indonesian Film Center | Kebijakan Privasi | Berkas Hukum | Periklanan | Bantuan | Kontak kami