Login | Daftar
Semua Daftar Pesanan
Kosong
IdFilmCenter
@idfilmcenter
Beritahu teman
Berita
Messageboard
Blog
Bantuan
Kontak kami
Beri donasi ke Indonesian Film Center. Bantu kami melestarikan dan merestorasikan Materi Audio-Visual Indonesia. Lihat juga Tentang kami.
Berita Terbaru
IdFilmCenter News & Agenda
'RUNAWAY' Bidik Remaja Putri Untuk Pergi ke Bioskop
Jumat, 25 Juli 2014
 
Kapanlagi.com - Proyek bos Maxima Pictures, Ody Mulya Hidayat dalam menggarap film RUNAWAY telah rampung. Kini sang produser tinggal menunggu berapa banyak penonton yang akan datang ke bioskop untuk menikmatinya.

Film romance action yang dibintangi oleh Al Ghazali dan Tatjana Saphira memang sengaja dikemas untuk tontonan yang pas saat liburan. Lihat saja tema cinta dan juga para pemainnya yang muda dan rupawan. Paduan itu adalah magnet kuat untuk para penonton muda, terutama kaum hawa.
 
________________________________________
 
Raline Shah Tolak Tawaran Jadi Duta AFI 2014
Jumat, 25 Juli 2014
 
Kapanlagi.com - Nama Raline Shah sedang naik pamornya di perfilman Indonesia. Pasca membintangi 5 CM dan 99 CAHAYA DI LANGIT EROPA, Raline langsung banyak dibicarakan. Terlebih di akhir tahun ini film terbarunya SUPERNOVA akan dirilis.

Karena kepopulerannya itu, panitia Apresiasi Film Indonesia 2014 ingin agar ia menjadi duta gelaran tersebut. Sayang sang aktris menolak tawaran itu. Ia menampik tawaran itu karena tengah disibukkan menggarap film terbarunya bertajuk SUPERNOVA.
 
________________________________________
 
Apresiasi Film Indonesia 2014 Digelar September 2014
Jumat, 25 Juli 2014
 
Liputan6.com, Jakarta Satu lagi gelaran bergengsi bagi insan film Indonesia akan digelar, yaitu Apresiasi Film Indonesia (AFI) 2014. Tahun ini, ajang yang melombakan 17 Piala Dewantara itu akan dihelat di Istana Maimun, Medan, Sumatera Utara, September mendatang.

"Ada 17 Piala Dewantara yang terbagi ke beberapa kategori seperti kategori Penghargaan Utama, Penghargaan Inspiratif dan Penghargaan Khusus," ujar Robby Ertanto, Ketua panitia AFI 2014 di Galeri Indonesia Kaya (GIK), Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (24/7/2014).
 
________________________________________
 
PPFI Tolak Permen Tata Edar
Kamis, 24 Juli 2014
 
JAKARTA, suaramerdeka.com - Persatuan Produser Film Indonesia (PPFI) menolak Rancangan Peraturan Menteri tentang Tata Edar Dan Pertunjukkan Film Layar Lebar. Penolakan atas Permen yang ditimbang sangat tidak adil terhadap film nasional itu, disampaikan Ir Chand Parwez Servia, salah satu Ketua Bidang PPFI bersama Gope T Samtani, Manoj Punjabi, dan Naldy N Haroen.

Menurut Chand, PPFI sebagai organisasi perfilman yang telah berusia 58 tahun dan turut mengawal dan memproduksi film nasional hingga kini, menemui terlalu banyak ketidakadilan yang masih terjadi atas film nasional. Ketidakadilan atas pelaku industri perfilman akan berlanjut jika rancangan Permen Tata Edar benar-benar ditetapkan. Sebab terlalu banyak persoalan yang tidak dimengerti oleh pembuat peraturan, dalam hal ini pemerintah.
 
________________________________________
 
Adegan Olga Syahputra Sakit Dihapus dari 'Olga & Billy Lost in Singapore'
Kamis, 24 Juli 2014
 
WowKeren.com - Olga Syahputra saat ini masih dirawat di rumah sakit di Singapura. Demi menghormati kondisinya, tim produksi dan manajemen film "Olga & Billy Lost in Singapore" sepakat menghilangkan adegan Olga terbarik sakit.

"Sebenarnya tadinya ada, tetapi karena lagi sakit, skenarionya kita hilangin," ujar Erik Rismanuar, suami manajer Olga, Vera, saat promo film "Olga & Billy Lost in Singapore" di gedung Rapi Film, Cikini, Jakarta, Rabu (23/7). "Skenario yang dia balik ke Jakarta, itu juga hilang."
 
________________________________________
Sepotong Cerita Saat Film Indonesia Disyuting di Luar Negeri
Kamis, 24 Juli 2014
 
Kapanlagi.com - RUNAWAY menjadi film terbaru tanah air yang melangsungkan syutingnya di luar negeri, HONG KONG. Beberapa tahun terakhir kita bisa melihat HELLO GOODBYE (Korea Selatan), 99 CAHAYA DI LANGIT EROPA (Austria, Prancis, Turki), dan LAURA & MARSHA (Jerman dan Italia).

Dewasa ini, rumah produksi dan sineas tanah air memang lebih berani dalam mengambil setting cerita di luar negeri. Biaya yang dibutuhkan memang lebih mahal, tapi hasilnya juga lebih memuaskan. Salah satu hal yang membuat perbedaan tentunya adalah settingnya. Dengan melakukan syuting di luar negeri, penonton nantinya bisa menikmati pemandangan indah dari luar negeri.
 
________________________________________
 
'Runaway': Menyaksikan Akting Perdana Al Ghazali di Layar Lebar
Kamis, 24 Juli 2014
 
Jakarta - Beberapa bulan terakhir, Al Ghazali seakan menjadi magnet kuat yang menyedot perhatian remaja wanita. Jadwal syuting iklan Al bahkan melebihi jadwal manggungnya sebagai pemusik. Kini, ia menjajaki panggung layar lebar lewat film 'Runaway'.

Disebut-sebut memiliki honor tertinggi sebagai aktor Indonesia saat ini (dicetak dalam penampilan perdana tanpa pengalaman akting), Al memikul beban akan harapan penonton. Pantaskah ia mendapatkan honor tersebut, di luar daya tariknya sebagai cowok ganteng yang tengah digandrungi?
 
________________________________________
 
Perfilman Indonesia terkendala dana dan teknologi
Kamis, 24 Juli 2014
 
Jakarta (ANTARA News) - Kualitas perfilman Indonesia masih terkendala biaya dan ketersediaan teknologi, kata Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Kacung Marijan.

"Film-film berkualitas bermunculan tapi masih banyak yang kurang bagus karena adanya keterbatasan teknologi dan pendanaan," kata Kacung Marijan di Jakarta, Kamis.
 
________________________________________
 
Omesh dan Acha Septriasa Menikah di Trailer 'Mengejar Malam Pertama'
Kamis, 24 Juli 2014
 
WowKeren.com - Omesh beradu akting dengan Acha Septriasa di film "Mengejar Malam Pertama". Dalam trailernya, ditampilkan momen saat Omesh menggelar audisi demi mencari jodoh hingga akhirnya menikahi Acha.

Dikisahkan tentang Omesh sebagai Doni, pria mesum yang awalnya bersedia dijodohkan demi menikmati malam pertama. Sayangnya niat Doni itu tak kunjung kesampaian. Berkali-kali ia gagal melakoni malam pertama bersama istrinya (Acha). Suatu hari, Doni mengalami dilema antara menerima statusnya yang sudah menikah atau mengejar karir. Dalam keputusasaan, Doni menemukan makna indahnya pernikahan yang bukan hanya demi hubungan intim.
 
________________________________________
Yey, Film 'RUNAWAY' Al Ghazali Tayang Perdana Hari Ini!
Kamis, 24 Juli 2014
 
Kapanlagi.com - Mengikuti kesuksesan THE RAID, sebuah film action kembali dirilis. Kali ini judulnya, RUNAWAY, dibintangi oleh pemuda yang tengah digandrungi publik, Al Ghazali.

Sedikit dibungkus dalam kemasan berbeda, kalian juga bakal disajikan sebuah kisah cinta segitiga antara Al, Tatjana Saphira, dan Kimberly Ryder. Tak mau kalah dengan THE RAID yang sudah mendunia, RUNAWAY juga tak main-main untuk memilih lokasi syutingnya, yakni Hong Kong.
 
________________________________________
 
Mencegah Gila, Lola Amaria Produksi Negeri Tanpa Telinga
Kamis, 24 Juli 2014
 
Setelah hampir 5 tahun tidak menyutradarai sebuah film, kini Lola Amaria sudah siap memperkenalkan karya terbarunya di tahun ini. Film berjudul Negeri Tanpa Telinga dipersiapkan Lola pasca usainya pesta demokrasi yang digelar di Indonesia.

Seperti diketahui, film Minggu Pagi di Victoria Park (2010) adalah proyek layar lebar terakhir yang Lola Amaria sutradarai. Meskipun ide Negeri Tanpa Telinga sudah tercipta sejak tahun 2011, namun film tersebut akhirnya baru bisa terealisasi pada tahun ini. Karena sudah tertimbun lama, Lola bahkan sempat menyatakan ia bisa saja menjadi 'gila' jika Negeri Tanpa Telinga tidak diproduksi.
 
________________________________________
 
Lukman Sardi Curhat Pakai Atribut Militer untuk 'Di Balik Pintu Istana'
Rabu, 23 Juli 2014
 
WowKeren.com - Lukman Sardi akan unjuk kemampuan sebagai sutradara dalam film "Di Balik Pintu Istana". Ia mengaku menggunakan banyak atribut militer untuk pembuatan film tersebut.

"Perizinannya lumayan susah," kata Lukman baru-baru ini. "Terutama dengan tentara-tentara, peminjaman senjata dan atribut."
________________________________________
 
 
Soraya Intercine Siap Angkat 'ANTOLOGI RASA' ke Layar Lebar
Rabu, 23 Juli 2014
 
Kapanlagi.com - Saat ini rumah produksi Soraya Intercine Films tengah menjalani proses pengambilan gambar SUPERNOVA besutan Rizal Mantovani. Fitur yang dibintangi oleh Raline Shah dan Herjunot Ali tersebut diadaptasi berdasarkan novel karya Dewi Lestari atau lebih akrab disapa Dee.

Tak hanya itu saja, rumah produksi milik Ram Soraya ini diam-diam juga menggodok novel laris lain yang akan menjadi proyek masa depan mereka yakni ANTOLOGI RASA. Film yang direncanakan rilis Desember 2015 itu diangkat dari novel karangan Ika Natassa yang dicetak lebih dari 10 kali sejak terbit pada Agustus 2011.
 
________________________________________
 
Film Damien Dematra ‘I'M Star’ Raih Juara Umum Grand Jury Award di Colorado, AS
Rabu, 23 Juli 2014
 
[JAKARTA] Film Damien Dematra I'M Star meraih penghargaan tertinggi "Grand Jury Award" di Colorado International Film Festival, AS. Dalam festival yang diikuti hampir 1.000 film ini, film I'M Star berhasil menjadi film terbaik dengan mengalahkan film-film pilihan dari berbagai benua.

Film ini dianggap sebagai film yang luar biasa, baik secara teknis maupun pesan yang disampaikannya sangat menginspirasi, yaitu penyandang autis dapat membuktikan mereka dapat bermain film dengan baik walaupun mereka memiliki keterbatasan.
 
________________________________________
 
Dua Putri Aktor Tenar Tanah Air Beradu Akting di 'KAMAR 207'
Rabu, 23 Juli 2014
 
Kapanlagi.com - Membuat film bergenre horor mungkin bukan hal yang sulit bagi sutradara Chiska Dopert. Pasalnya Chiska sukses membuat 9 judul film yang membuat para penonton ketakutan. Tapi kali ini Chiska punya tantangan lain dalam menggarap film horor barunya yang berjudul 'Kamar 207'.

Tantangan tersebut adalah kerja bareng bintang-bintang muda, Adzana Bing Slamet dan Valerie Thomas yang baru pertama kalinya main di film bergenre horor. Meskipun mereka baru di film horor, untuk urusan akting mereka Chiska menjamin tak perlu diragukan.
 
________________________________________
 
Setelah Cewek Penggoda, Kimberly Ryder Dapat Tokoh Jahat di 'My Idiot Brother'
Rabu, 23 Juli 2014
 
Jakarta - Setelah mendapatkan peran cewek penggoda di film 'Runaway', Kimberly Ryder akan tampil di film barunya yang berjudul 'My Idiot Brother'. Dalam film tersebut, Kimberly mendapatkan tokoh antagonis.

"Aku sebagai Agnes, yang suka mengejek karakter Angel, kalau Angel punya kaka yang idiot," ungkap Kimberly.
 
________________________________________
 
Rabu, 23 Juli 2014
 
Musibah acap kali terjadi saat proses produksi suatu film. Tidak berbeda dengan film Olga & Billy Lost in Singapore. Dari judulnya saja sudah dapat diketahui kalau kakak beradik Olga dan Billy Syahputra lah yang akan membintangi layar lebar terbaru Rapi Film dan CMI Management ini.

Dan seperti sudah diketahui, kondisi Olga saat ini masih dalam perawatan intensif di sebuah rumah sakit di Singapura. Billy pun mengakui, proses syuting Olga & Billy Lost in Singapore sempat terhenti akibat musibah tersebut.
 
________________________________________
 
Cinema 21 Bekerjasama dengan Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Anak Rayakan Hari Anak Nasional
Rabu, 23 Juli 2014
 
Menyambut Hari Anak Nasional, Cinema 21 kembali menggelar acara nonton bareng (nobar) bersama anak-anak yatim piatu dan pelajar. Untuk menggelar acara yang diselenggarakan di Epicentrum XXI ini, Cinema 21 bekerjasama dengan Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Anak.

Seperti diketahui, ini bukanlah kali pertama Cinema 21 bekerjasama dengan Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Anak dalam menyambut Hari Anak Nasional. Di tahun 2013, kegiatan serupa telah sukses digelar yang kala itu menyuguhkan film Coboy Junior The Movie (2013) untuk menghibur anak-anak dan tamu undangan lainnya.
 
________________________________________
 
Riri Riza Siap Ditantang Jokowi
Rabu, 23 Juli 2014
 
JAKARTA, KOMPAS.com -- Riri Riza (43) menaruh harapan akan pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) dan Muhammad Jusuf Kalla (JK), presiden dan wakil presiden terpilih dalam Pemilu Presiden 2014. Ia ingin Jokowi-JK bisa memerhatikan industri film Tanah Air. Sebagai sutradara, penulis skenario, dan produser film, Riri melihat banyak rekan seniman yang siap memberi seluruh potensi mereka jika didukung oleh pemerintah.

"Film itu akan menjadi cermin bagi jalannya kehidupan sebuah bangsa. Jelas sekali, kalau Pak Jokowi menjalankan pemerintahan dengan baik, pasti dunia film mendapatkan dorongan untuk jadi lebih baik. Kalau pemerintah beri ruang lebih baik dan kondusif, potensi akan lebih baik. Banyak produser, sutradara, dan penulis punya kesiapan untuk ditantang demi pengembangan film lebih baik," papar Riri dalam wawancara oleh Kompas.com melalui telepon, Rabu (23/7/2014).
 
________________________________________
 
Bocoran Proyek 'RANAH 3 WARNA' Langsung Dari Ahmad Fuadi
Rabu, 23 Juli 2014
 
Kapanlagi.com - Dua tahun berlalu sejak kisah novel NEGERI 5 MENARA dituangkan dalam film. Penggemar novelnya sudah menunggu seperti apa nantinya film keduanya akan dibuat, mengingat tiga novelnya menjadi best seller di tanah air.

Trilogi kisah si Alif ini memang menyambung dalam tiga babak, yakni NEGERI 5 MENARA, RANAH 3 WARNA, dan RANTAU 1 MUARA. Berkaca pada kisah dalam novelnya ketiga babak kisah tersebut akan mengambil latar cerita di 3 negara berbeda.
 
________________________________________
 
Aktor Laga Indonesia, Masih Ingat Atau Tidak Tahu?
Rabu, 23 Juli 2014
 
Kapanlagi.com - Pada era tahun 1980-an dan 1990-an, banyak film Indonesia yang diproduksi kala itu. Salah satu genre favorit yang disukai oleh penonton waktu itu adalah film dan sinetron laga. Banyak film laga yang sukses tayang pada masa-masa tersebut seperti contohnya SAUR SEPUH.
 
________________________________________
 
Syuting Tragedi Mei 1998, Lukman Sardi Banyak Gunakan Atribut Militer
Rabu, 23 Juli 2014
 
Jakarta - Lukman Sardi sudah hampir selesai produksi film tentang tragedi Mei 1998 berjudul 'Di Balik Istana'. Untuk pembuatan film tersebut, ia menggunakan banyak atribut militer.

"Perizinannya lumayan susah. Terutama dengan tentara-tentara, peminjaman senjata, dan atribut," kata Lukman belum lama ini.
 
________________________________________
 
Lukman Sardi Segera Rilis Film Tragedi Mei 1998
Rabu, 23 Juli 2014
 
Jakarta - Lukman Sardi kembali berbicara tentang proyek film yang sedang dikerjakannya tentang tragedi Mei 1998. Tapi kali ini Lukman tak akan berakting, melainkan menjadi sutradara.

Film berjudul 'Di Balik Pintu Istana' itu menceritakan kisah runtuhnya Orde Baru dan masa reformasi. Mengangkat isu sensitif, tentu Lukman Sardi tidak mau sembarangan.
 
________________________________________
 
Sekuel `Negeri 5 Menara` Bakal Dilanjutkan
Rabu, 23 Juli 2014
 
Liputan6.com, Jakarta Ahmad Fuadi, penulis novel dan skenario film Negeri 5 Menara mulai melakukan proses pra produksi sekuel film yang diangkat dari novel pertamanya itu. Ia mengatakan, tengah mempersiapkan proses penggarapan film Ranah 3 Warna dalam waktu dekat.

"Tiga atau empat minggu yang lalu saya dari dua kota besar, Montreal dan Quibec City di Kanada, lalu pergi lagi ke kota kecil. Saya datang ke sana bersama kru film dan sutradara Faozan Rizal serta produser untuk survey lokasi untuk film Ranah 3 Warna," beber Ahmad Fuadi yang ditemui disela-sela peluncuran `1000 PAUD Untuk Indonesia` di Pejaten Village, Jakarta Selatan, beberapa hari lalu.
 
________________________________________
 
Nia Zulkarnaen Berencana Membuat Film Trilogi Bertema Perbatasan
Selasa, 22 Juli 2014
 
Nia Zulkarnaen (44) menarik napas lega. Film terbarunya, Seputih Cinta Melati akhirnya dirilis menyambut libur Lebaran.

Tidak banyak yang tahu, film ini sebenarnya dirancang untuk Lebaran 2015. Seharusnya rumah produksi Nia Zulkarnaen, Alenia Pictures, tahun ini merilis Rumah Merah Putih (RMP).
 
________________________________________
 
Dian Sastro Segera Kembali ke Layar Lebar
Selasa, 22 Juli 2014
 
Jakarta - Hampir empat tahun Dian Sastrowardoyo vakum dari dunia seni peran di layar lebar. Nah, ada kabar gembira bagi penggemar Dian Sastro. Ia akan segera main film lagi.

Tetapi Dian belum bisa cerita terlalu banyak mengenai proyek film yang menandai comeback-nya. Rencananya produksi film tersebut akan dilakukan tahun ini.
 
________________________________________
 
Begini Wajah Reza Rahadian Saat Jadi HOS Cokroaminoto
Selasa, 22 Juli 2014
 
Liputan6.com, Jakarta Satu lagi film berlatar sejarah Bapak Pendiri Bangsa sedang dibuat. Sutradara kawakan peraih Piala Citra dan berbagai penghargaan internasional, Garin Nugroho sedang menyiapkan film tentang kisah hidup HOS Cokroaminoto, pendiri Sarekat Islam sekaligus salah seorang pelopor pergerakan nasional, guru dari Sukarno, Muso, hingga Kartosuwiryo.
 
________________________________________
 
Ini Tampang Serius Herjunot Ali di Foto Terbaru 'Supernova'
Selasa, 22 Juli 2014
 
"Supernova" akan diarahkan sutradara Rizal Mantovani. Film tersebut diadaptasi dari novel berjudul sama karya Dewi Lestari. Ferre merupakan seorang eksekutif muda super sibuk. Ia akan digambarkan berselingkuh dengan jurnalis majalah wanita bernama Rana (Raline Shah) yang telah bersuamikan Arwin (Fedi Nuril).

Selain itu, ada pula pasangan gay Reuben (Hamish Daud) dan Dimas (Arifin Putra) serta karakter Diva (Paula Verhoeven). Film "Supernova" ini akan syuting di Indonesia dan Washington.
 
________________________________________
Hanung Bramantyo Berencana Bikin Film Kartini
Selasa, 22 Juli 2014
 
Jakarta - Setelah menyutradarai film biopik 'Soekarno: Indonesia Merdeka', Hanung Bramantyo masih tertarik membuatkan film tentang tokoh nasional lainnya. R.A Kartini adalah rencana selanjutnya dari Hanung.

"Saya suka sejarah. Nah pengen lagi bikin film tentang tokoh. Tapi harus sedikit hati-hati," kata Hanung saat ditemui usai buka puasa bersama di kediaman B.J. Habibie.
 
________________________________________
 
BJ Habibie Ingin Ada Lagi Film inspiratif Seperti 'Habibie dan Ainun'
Selasa, 22 Juli 2014
 
Jakarta - Sudah hampir 2 tahun lalu film 'Habibie dan Ainun' diputar. Tapi, kisah yang diceritakan dalam film tersebut masih mendapat tempat di penontonnya. BJ Habibie pun berharap ada lagi film inspiratif seperti itu.

BJ Habibie punya kesan berbeda dengan film karya Hanung Bramantyo tersebut. Tak jarang, banyak teman dan koleganya yang menanyakan apakah mantan presiden ke-3 Indonesia ini sering kali ditanya 'Kapan Anda buat film lagi?'.
 
________________________________________
 
Kenapa Film Politik '2014' Hanung Bramantyo Belum Tayang?
Selasa, 22 Juli 2014
 
Jakarta - Sutradara Hanung Bramantyo telah menyelesaikan proses produksi film bertema politik dengan judul '2014' sejak tahun lalu, namun hingga kini belum mendapat kesempatan tayang. Kenapa?

Menurut Hanung, film dibuat memang untuk menyambut pemilu tahun ini. "Ceritakan tentang pemilu. Ada 3 kandidat. Kemudian yang lolos 1 sama 2. Ada yang pengein banget ambisi jadi presiden tapi kalah polling sama satunya," jelas Hanung memberi sedikit bocoran cerita.
 
________________________________________
 
Film 'Runaway' Akan Berlanjut?
Selasa, 22 Juli 2014
 
Jakarta - Ahmad Al Ghazali memulai debutnya di film layar lebar dengan cukup baik lewat arahan sutradara Guntur Soeharjanto. Produser Maxima Pictures Ody Mulya Hidayat membuaka kemungkinan adanya sekuel.

"Kita lagi pikirkan, yang jelas harus di luar (negeri)," ujar Ody saat ditemui di Setiabudi Building, Senin (21/7/2014) malam.
 
________________________________________
 
Produser Jelaskan Spekulasi Kondisi Olga Syahputra di Billy & Olga Lost in Singapore
Selasa, 22 Juli 2014
 
WowKeren.com - Perilisan poster dan trailer film Olga Syahputra, "Billy & Olga Lost in Singapore", memunculkan pertanyaan dari banyak pihak. Pasalnya saat materi film dihadirkan, Olga sedang dirawat di Singapura karena sebelumnya didiagnosa menderita radang selaput otak atau meningitis.

Muncul spekulasi kalau Olga ke Singapura hanya untuk syuting. Sebagai produser, Sunil Samtani memberikan penjelasan kalau syutingnya dilakukan sebelum Olga masuk rumah sakit di Singapura, April lalu. "Itu syuting dilakukan bulan Desember waktu Olga dan teman-teman jalan-jalan ke Singapura," ujarnya singkat pada KapanLagi, Senin (21/7).
 
 
________________________________________
Jadi Pendekar, Reza Rahadian Rebonding Rambut
Senin, 21 Juli 2014
 
Jakarta - Mendapat peran pendekar untuk film terbarunya, Reza Rahadian melakukan perubahan drastis pada rambutnya. Reza yang memiliki rambut ikal, untuk pertama kalinya merasakan rebonding.

"Rambut ini untuk film Pendekar Tongkat Emas dan Strawberry Surprise," kata Reza saat ditemui usai buka puasa bersama di kediaman B.J Habibie di Jl Patra Kuningan XIII, Jakarta Selatan, Senin (21/7/2014).
 
________________________________________
 
Rasa Puas Dan Haru Pipik Dian Akan Film 'HIJRAH CINTA'
Senin, 21 Juli 2014
 
Kapanlagi.com - Tak pernah terbayang sebelumnya di benak Pipik Dian Irawati bahwa kisah hidupnya dengan mendiang suaminya, Ustaz Jeffry Al Buchory akan dibuat menjadi film layar lebar. Oleh karenanya wanita yang berprofesi sebagai penyanyi dan juga bintang iklan ini bersyukur sebab di tahun 2014, kisahnya tersebut hadir dalam bentuk film berjudul HIJRAH CINTA.

Tak ada reaksi lain darinya selain bersyukur karena film itu akan dirilis pada 24 Juli mendatang mendekati Lebaran. Ia berharap film ini juga disambut positif oleh penonton. "Alhamdulillah senang berharap memberikan manfaat untuk orang lain," ungkapnya ketika ditemui di Epicentrum XXI, Rasuna Said, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.
 
________________________________________
 
Jadi Figuran Film Layar Lebar Itu... Sesuatu
Senin, 21 Juli 2014
 
Kapanlagi.com - Apa jadinya sebuah film tanpa pemain figuran? Sepi pastinya. Kehadiran pemain figuran dalam sebuah film layar lebar itu dibutuhkan. Meski mungkin kemunculannya hanya dalam hitungan detik, tanpa dialog, dan hanya menjadi latar, kehadiran mereka tak boleh diabaikan.

Dari sisi status sosial, tentu menjadi pemain figuran kalah bergengsi dibanding menjadi pemain utama atau pendukungnya. Hal tersebut wajar saja mengingat dalam tugasnya pemain figuran hanyalah pelengkap. Ia cukup duduk, berdiri, atau berjalan dalam suatu adegan tanpa perlu menghafal dialog. Kalau pun ada yang dipercaya untuk mengucapkan dialog, tentunya panjangnya hanya satu atau dua kalimat.
 
 
________________________________________
 
Kisah Merry Riana Difilmkan MD Pictures
Senin, 21 Juli 2014
 
Jakarta - Setelah meraih sukses dalam film "Habibie & Ainun" sebagai film dengan jumlah penonton tertinggi di Indonesia, kini MD Pictures kembali mengangkat kisah nyata Merry Riana, dari buku best seller yang ditulis oleh Alberthiene Endah.

Merry Riana berkisah tentang kegigihan seorang remaja puteri yang harus bertahan hidup di perantauan dengan kondisi sangat mengenaskan.
 
________________________________________
 
Kamar 207, Tak Gentar Bersaing Dengan Film Religi dan Komedi
Senin, 21 Juli 2014
 
Jakarta, HanTer - Jelang Lebaran sejumlah film Indonesia bakal menghibur masyarakat. Salah satunya film horor bertajuk ‘Kamar 207’ yang akan bersaing dengan film layar lebar lainnya seperti 'Bajaj Bajuri The Movie' (Starvision Plus), Drama Remaja 'Runaway' (Maxima Pictures), Religi 'Hijrah Cinta' (MVP Pictures), Anak-Anak 'Seputih Cinta Melati' (Alenia Pictures).

Sutradara film ‘Kamar 207’, Chiska Dopert tak gentar bersaing dengan film-film lain yang lebih mengutamakan film religi dan komedi. Ia yakin film besutannya yang tayang 24 Juli 2014 itu memiliki penonton sendiri.
 
________________________________________
 
Yusril Ihza Mahendra Sabet Gelar Aktor Terbaik Festival Film Madrid
Senin, 21 Juli 2014
 
Jakarta, GATRAnews - Bukan hanya mumpuni di bidang hukum, Yusril Ihza Mahendra, menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Kabinet Persatuan Nasional pada era kepemimpinan presiden Abdurrahman Wahid, mempunyai prestasi luar biasa di bidang seni peran.

Yusril berhasil menyabet penghargaan aktor utama terbaik The Best Lead Actor In A Foreign Language Film 2014 Legend Of The East atau Pemeran Terbaik Utama dalam Kategori Bahasa Asing ajang Madrid Internasional Film Festival Awards berkat aksinya di film Legend of the East.
 
________________________________________
 
Di Singapura, Olga Koma atau Syuting Film?
Minggu, 20 Juli 2014
 
JAKARTA - Setelah dikabarkan mengidap penyakit meningitis hingga membuatnya koma, Olga Syahputra dirawat di Rumah Sakit Mount Elizabeth. Namun kabar terkini menyebutkan, Olga bermain film.

Kabar tersebut mencuat setelah Syahnaz Sadiqah membocorkan proyek perdananya sebagai bintang film dalam Billy & Olga Lost in Singapore, di Instagramnya.
 
________________________________________
 
Alfie Alfandy, Sosok Pemeran Uje di Film 'Hijrah Cinta'
Minggu, 20 Juli 2014
 
Jakarta - Sosok almarhum Ustad Jeffry Al-Buchori 'dihidupkan' kembali dalam sebuah film berjudul 'Hijrah Cinta'. Aktor bernama Alfie Alfandy pun didapuk untuk memerankan sang ustad gaul versi film layar lebarnya.

Dipilihnya Alfie Alfandy diakui Raam Punjabi, produser film tersebut merupakan sebuah keberuntungan. Adalah seorang Hanung Bramantyo yang merekomendasikan Alfie untuk ikut kasting sebagai Uje.
 
________________________________________
 
Ironis, Indonesia Hanya Mampu Produksi Empat Film Imax
Sabtu, 19 Juli 2014
 
Jakarta - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang dibangun pada 1975 diharapkan menjadi jendela Indonesia bagi dunia internasional. Berbagai seni dan kebudayaan Indonesia dapat disaksikan di tempat wisata seluas sekitar 150 hektar ini.

Tak hanya menyaksikan langsung berbagai aspek kehidupan sehari-hari masyarakat di seluruh Indonesia, pengunjung TMII juga dapat mengenal kebudayaan dan alam Indonesia melalui film di Theater Imax Keong Emas.
 
________________________________________
 
Susahnya Mencari Aktor Mirip Uje
Sabtu, 19 Juli 2014
 
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Untuk mencari aktor yang memerankan tokoh Ustaz Jeffry Al Buchori alias Uje, ternyata bukan perkara mudah.

Indra Gunawan, sang sutradara, mengalami kesulitan menemukan sosok yang tepat memerankan ustaz gaul tersebut.
 
________________________________________
 
Film Indonesia "Rocket Rain" berkompetisi di Festival Karlovy Vary Ceko
Sabtu, 19 Juli 2014
 
 
London (ANTARA News) - Film Indonesia Rocket Rain masuk dalam kompetisi di Forum of Independent, Karlovy Vary International Film Festival (KVIFF) 2014, ke 49 yang digelar di kota Karlovy Vary, Ceko bersanding dengan berbagai film dari seluruh dunia.

"Suatu kehormatan Rocket Rain bisa masuk berkompetisi KVIFF, festival tertua di Czech Rep dan dikenal tidak berkompromi terhadap film-film pilihannya," ujar sutradara Rocket Rain, Anggun Priambodo, di London, Sabtu.
 
 
________________________________________
 
 
'Hijrah Cinta' Juga Kisahkan Masa Kelam Ustad Jeffry
Sabtu, 19 Juli 2014
 
Jakarta - Film 'Hijrah Cinta' mengisahkan tentang perjalanan hidup seorang ustad Jeffry Al Buchory. Ada dua narasumber yang menjadi acuan dalam film tersebut yaitu Pipik dan Umi Tatu, sebagai orang terdekat Uje.

Selain terlibat dalam kisah film itu, istri mendiang Uje, Pipik juga berkontribusi dalam proses editing. Menurutnya, hampir semua cerita ia yang mengisahkannya.
 
Produsen Film Habibie-Ainun Gelar Syukuran
Produsen Film Habibie-Ainun Gelar Syukuran
Produsen Film Habibie-Ainun Gelar Syukuran

Hai semua,

Kompetisi FilmBox periode April - Juni 2014 telah resmi ditutup.

Berikut ini adalah pemenang Kompetisi FilmBox tersebut:

1. Film pemenang Kompetisi FilmBox pilihan Juri tamu (Prima Rusdi) adalah:

    “LELUNGA” karya Sutradara : Yudhistira Dwi Pranata, Oldy Pandu Nugraha

Berikut komentar Prima Rusdi mengenai pemenang pilihannya:

LELUNGA (5:50) : Film yang di ceritakan dengan baik tentang seorang wanita yang pada usia tuanya masih bisa bermimpi. Meskipun ia tampaknya hidup kesepian, dia masih bisa melakukan perjalanan. Hal ini cocok untuk diceritakan kisahnya melalui animasi yang dilakukan oleh pembuat film, dan secara teknis saya harus mengatakan bahwa pembuat film unggul dalam hal ini. Menghibur, efektif / diceritakan dengan baik, fokus dan ringkas. “LELUNGO” yang merupakan bahasa jawa yang mempunyai arti “Perjalanan/berkeliling”. Pendeknya, setiap elemen yang di pergunakan dalam film animasi ini sangat baik, termasuk judul.

2. Film pemenang Kompetisi FilmBox Special Mention dari IdFilmCentre adalah:

    " Drive Safely " karya Sutradara : Anka Atmawijaya Adinegara

Berikut adalah motivasi dari IdFilmCentre untuk pemenang pilihan mereka:

IdFilmCenter memilih film animasi “Drive Safely” sebagai pemenang. Pembuat film bisa membuktikan bahwa 30 detik cukup untuk membuat film yang bagus. Dengan hanya 30 detik pembuat film memaksimumkan penggunaan animasi, suara dan music untuk menciptakan emosi dan sangat jelas bahwa pembuat film ingin mengatakan : “Drive Safely

 

Selamat kepada pemenang
 
_________________________________________
 
Magelang Film Festival 2014

Merupakan kompetisi film fiksi pendek tingkat nasional. Kompetisi ini secara konsisten mengangkat tajuk “Indonesia Dalam Fiksi”. Memperebutkan Piala Paku Tidar sebagai penghargaan tertinggi dalam 7 kategori yaitu skenario, editing, penyutradaraan, sinematografi, aktor, aktris dan film terbaik. Kompetisi terbuka untuk masyarakat umum seluruh Indonesia..Pendaftaran tidak dikenakan biaya atau GRATIS. Tema Film: Bebas. Film yang dikirim adalah film fiksi pendek (bukan profil/dokumenter/video klip/trailer). Pengiriman karya dibuka dari tanggal 29 April 2014 dan akan ditutup pada tanggal 8 Agustus 2014. Keterangan lebih lanjut lihat di  magelangfilmfestival.weebly.com

 
Festival Sadar Energi 2014
 
Film pendek yang diikutsertakan dalam kompetisi harus berhubungan dengan konsep "Sadar Energi", orisinil,  dan diproduksi di tahun 2012 ke atas / setelah tahun 2011. DVD diberi label keterangan: judul film, genre, nama sutradara, dan tahun produksi. DVD berlabel keterangan dan copy KTP dikirim ke alamat: Jalan Anggrek IV / 1C Pondok Pinang Jakarta Selatan, Telepon : 021 - 748 708 66. Paling lambat pada Jumat, 25 Juli 2014. Keterangan lebih lanjut lihat di energikitaonline.wix.com
 
 
 
 
 
 
 
Cinemokrasi

Pendaftaran dibuka dari tanggal 13 Juli 2014. Formulir dalam bentuk soft paling lambat diterima oleh panitia pada tanggal  01 Agustus 2014 pukul 23.00 WIB. Dan Film dikirim ke alamat FORMAH PK Fakultas Hukum Universitas Brawijaya, Jalan MT. Haryono No. 169   paling lambat 15 September 2014. Peserta Lomba merupakan Mahasiswa atau Umum. Tema Film “Perjalanan Menuju Indonesia Demokrasi”. Batas durasi film maksimal 15menit. Batas pengiriman Film yaitu 15 September 2014. Keterangan lebih lanjut lihat di demokrasifeztivalkampus.tumblr.com

 

 

 

 

 

SAGAMOVIEFEST 2014

Pendaftaran peserta mulai tanggal : 01 Mei 2014 s/d tanggal 30 Juni 2014.Siswa SLTP & SLTA (dibuktikan dengan surat keterangan dari Sekolah yang bersangkutan). Tema Film Pendek (pilih salah satu):Kepedulian terhadap alam (misalnya : pelestarian alam, tanggap bencana, dll)  dan Kepedulian terhadap lingkungan (misalnya : seni, budaya, kaum muda, dll). Penyerahan hasil karya  paling lambat 31 Agustus 2014 (Cap Pos). Keterangan lebih lanjut lihat di www.sahabatprega.com

 

Gelar Karya Multimedia 11 2014

Gelar Karya Multimedia 11 2014 diselenggarakan oleh "Multimedia SMKN 11 Semarang". Karya yang dikirimkan adalah fiksi atau dokumenter, tema bebas. Tahun pembuatan karya adalah 2013-2014.  Durasi maksimal untuk fiksi 15 menit, dan untuk dokumenter 30 menit. Sudah termasuk opening dan credit roll. Karya paling lambat di terima panitia tanggal 10 Agustus 2014. Keterangan lebih lanjut lihat di  gelarkaryamultimedia11.wordpress.com

 

 

 

Festival Film Dieng II - 2014

Festival Film Dieng adalah ruang bagi apresiasi, pembelajaran dan silaturahim kebudayaan lintas generasi, yang menggunakan medium film sebagai jembatannya. Festival Film Dieng merupakan bagian dari Dieng Culture Festival, yang sudah diselenggarakan sejak tahun 2010. Peserta adalah pelajar Sekolah Menengah Atas/setara dari seluruh Indonesia. Kategori karya FIKSI (live action & animasi) dan DOKUMENTER dengan tema bebas. Tahun produksi/pembuatan 2013-2014. Karya paling lambat diterima tanggal 17 Agustus 2014. Keterangan lebih lanjut lihat di filmpelajar.com

 

Festival Film Pelajar Jogya (FFPJ) 2014

Festival Film Pelajar Jogja adalah ruang belajar bersama, berbagi dan silaturahmi komunitas dan karya film pelajar tingkat sekolah menengah atas dan yang setara. Kategori karya FIKSI (live action & animasi), DOKUMENTER dan VIDEO MUSIK. Tema bebas. Tahun produksi 2014. Durasi maksimal 10 (sepuluh) menit (sudah termasuk opening dan credit title). Pengiriman karya paling lambat lambat 1 Nopember 2014 (cap pos). Keterangan lebih lanjut lihat di filmpelajar.com

 

 

_________________________________________

Jadwal Pemutaran Film Untuk Pusat Kebudayaan pada Bulan Juli 2014

Institut Francais Indonesia (IFI), Jakarta
Pusat Kebudayaan Perancis
Pemutaran film pukul 13:00 WIB
 
IFI Salemba
Belum ada jadwal
 
IFI Wijaya
Belum ada jadwal
 
Institut Francais Indonesia (IFI), Bandung
Pusat Kebudayaan Perancis
Pemutaran film setiap Senin pukul 17:00 WIB
Belum ada jadwal
 
Goethe Haus Jakarta
Pemutaran film pukul 19:00 WIB
 
8 Juli 2014 : Rindu Kami PadaMu (Sutradara: Garin Nugroho)
                           Indonesia, 2004, 90 Menit

Erasmus Huis Jakarta
Pemutaran film pukul 13:30 WIB & 16:00 WIB
 
19 Juli 2014 :The New World (Sutradara: Jaap van Heusden)
                           Belanda, 2013,85 Menit
 
Istituto Italiano di Cultura
Pemutaran film pukul 19:00 WIB
Belum ada jadwal
 
Japan Foundation
Pemutaran film  Pukul 14:00 WIB
 
3 Juli 2014  : Negeri Salju ( Yukiguni ) (Sutradara: Shiro Toyoda)
                        Jepang, 134 Menit
 
6 Juli 2014  : Gamera:daikaiju kessen (Gamera: Penjaga Alam Dunia) (Sutradara:Shûsuke Kaneko)
                         Jepang, 1995, 96 Menit
 
Pusat Kebudayaan Korea
Pemutaran film
Belum ada jadwal
 
Bentara Budaya Jakarta
Pemutaran film
Belum ada jadwal
 
Bentara Budaya Bali
Pemutaran film
Belum ada jadwal

___________________________________________

Program Kineforum : Program Juli 2014
 
                         
 

 

 

 

 

Tentang Indonesian Film Center | Kebijakan Privasi | Berkas Hukum | Periklanan | Bantuan | Kontak kami