Login | Daftar
Semua Daftar Pesanan
Kosong
IdFilmCenter
@idfilmcenter
Beritahu teman
Berita
Messageboard
Blog
Bantuan
Kontak kami
Beri donasi ke Indonesian Film Center. Bantu kami melestarikan dan merestorasikan Materi Audio-Visual Indonesia. Lihat juga Tentang kami.
Berita Terbaru
IdFilmCenter News & Agenda
"Kartini" Tembus Box Office Indonesia
Rabu, 26 April 2017       
                                               
JAKARTA, KOMPAS.com - Film biopik Kartini arahan sutradara Hanung Bramantyo sukses menembus Box Office Indonesia dalam sepekan penayangannya.
 
Dilansir dari laman filmindonesia.or.id per Rabu (26/4/2017), Kartini yang tayang perdana pada 19 April 2017 lalu berhasil meraup 323.686 penonton hingga hari ini.
 
Film tersebut menghadirkan artis peran Dian Sastrowardoyo sebagai bintang utama dan sederet aktris-aktor papan atas Indonesia lainnya.
 
____________________________________
 
"Danur", Pendatang Baru Film Indonesia Terlaris Sepanjang Masa
Rabu, 26 April 2017       
                                               
JAKARTA, KOMPAS.com - Film Danur: I Can See Ghost berhasil menduduki puncak box office Indonesia pekan ini dengan perolehan 2.692.957 penonton.
 
Angka ini sekaligus menempatkan film bergenre horor ini ke dalam daftar film Indonesia terlaris sepanjang masa.
 
Merujuk pada laman filmindonesia.or.id, seperti yang dikutip kompas.com Rabu (26/4/2017), film dengan bintang utama artis peran Prilly Latuconsina itu berada di peringkat delapan daftar tersebut.
 
____________________________________
 
Debut Produser, Gilang Dirga Kepincut Surau & Silek
Rabu, 26 April 2017       
                                               
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presenter Gilang Dirga, memulai debutnya sebagai produser film. Gilang mengaku tertarik memproduseri film Surau & Silek karya sutradara Arif Malinmudo, karena ide ceritanya yang menarik dan sarat pesan moral.
 
Ditemui usai konferensi pers pemutaran perdana film Surau & Silek, di Epicentrum Jakarta, Selasa (25/4), Gilang mengatakan sangat berkesan dengan pengalaman pertamanya bermain film ini. Ide cerita dari film Surau & Silek ini membuatnya setuju memproduserinya.
 
____________________________________
 
Film Surau & Silek Angkat Budaya Minang yang Lama Terlupakan
Rabu, 26 April 2017       
                                               
REPUBLIKA.CO.ID, Surau dan Silek merupakan dua budaya yang selama bertahun-tahun menjadi pembentuk karakter bagi masyarakat Minang. Sayangnya, kedua hal itu sudah sangat lama tergerus modernisasi. Berangkat dari hal itu, Sutradara Muhammad Arif atau lebih dikenal dengan Arif Malinmudo tergerak untuk mengingatkan kembali dua kearifan lokal Sumatera Barat tersebut. Arif pun menuangkannya dalam bentuk film dengan anak-anak sebagai pemerannya.
 
"Surau itu fondasi dan silek adalah salah satu unsur di dalamnya. Film ini juga sebagai pengingat masa kecil saya, dan berbicara melalui anak-anak ini saya harap akan bisa lebih menyentuh," ujar Arif saat konferensi pers, pemutara perdana film Surau & Silek di Epicentrum, Jakarta, Selasa (25/4).
 
____________________________________
 
Pasca 16 Tahun, Jose Poernomo-Rizal Mantovani Garap Lagi 'Jailangkung'
Rabu, 26 April 2017       
                                               
Jakarta - Ingat dengan film horor 'Jailangkung' yang pernah menggegerkan perfilman Indonesia? Setelah 16 tahun berlalu, duo sutradara kenamaan Jose Poernomo dan Rizal Mantovani kembali menggarap film 'Jailangkung'.
 
Keduanya bekerja sama menggarap film yang diproduksi oleh Rumah Produksi Screenplay Films. Rizal Mantovani pun menegaskan filmnya akan segar dan sama sekali berbeda dari film 'Jailangkung' sebelumnya.
 
 
____________________________________
 
BJ Habibie Ikut Terpesona Film Kartini
Selasa, 25 April 2017       
                                               
Bintang.com, Jakarta Film Kartini mendapat banyak pujian, termasuk dari mantan Presiden Republik Indonesia, BJ Habibie. Sebelum dirilis di bioskop, tiga tokoh perempuan Indonesia menangis terharu usai nonton film Kartini. Meskipun tidak nonton bersama, namun reaksi Sri Mulyani, Najwa Shihab, dan Puteri Indonesia 2017 sama.
 
Mereka terharu dan terinspirasi oleh film Kartini. Hal yang sama juga dikatakan oleh Habibie. Seperti dilansir dari cinemgas dan akun Instagram Hanung Bramantyo, Habibie  Mantan Presiden Republik Indonesia, B.J. Habibie menyempatkan diri nonton bareng film Kartini bersama beberapa cucunya di Kota Kasablanka XXI, Jakarta Selatan, Rabu (19/4/2017).
 
____________________________________
 
Sebulan Tayang, 'Danur' Hampir Salip Rekor 'Ada Apa Dengan Cinta'
Selasa, 25 April 2017       
                                               
WowKeren.com - Sudah hampir sebulan tayang, namun "Danur" masih terus menambah jumlah penontonnya. Pada pekan ini, film horor adaptasi novel karya Risa Saraswati itu tercatat sudah meraih 2,69 juta penonton. Jumlah penonton ini pun nyaris menyalip rekor film "Ada Apa dengan Cinta?".
 
Dirilis pada 2002, film arahan Rudy Soedjarwo itu diperkirakan berhasil menarik sebanyak 2,7 penonton. Sedangkan sekuelnya, "Ada Apa Dengan Cinta? 2" malah lebih banyak lagi, yaitu 3,6 juta penonton.
 
 
____________________________________
 
Kisah di balik pembuatan ulang film Pengabdi Setan
Selasa, 25 April 2017       
                                               
Usai menulis skenario film komedi Stip & Pensil, Joko Anwar bergerak cepat menggarap pembuatan ulang Pengabdi Setan (Satan's Slave) produksi Rapi Films.
 
Versi lawas film arahan Sisworo Gautama Putra itu rilis pertama kali pada 1980. WD Mochtar, Siska Karebety, Fachrul Rozy, Ruth Pelupessy, HIM Damsjik, Diana Suarkom, Simon Cader, dan Doddy Sukma adalah jajaran pemain yang dilibatkan.
 
Menggarap film dengan unsur horor bukan hal baru bagi Joko. Sineas kelahiran Medan, Sumatera Utara, 3 Januari 1976 itu, tahun lalu menyutradarai film pendek bertema horor dengan tajuk Jenny. Pendatang baru Asmara Abigail ia jadikan pemain utama.
 
____________________________________
 
Mengintip Latihan Bela Diri Para Pemain Wiro Sableng 212
Senin, 24 April 2017       
                                               
Liputan6.com, Jakarta Film Wiro Sableng 212 memang baru akan dirilis di Indonesia pada tahun depan. Namun para penggemar film-dan sang jagoan dengan kapak sakti ini-sudah tak sabar menunggu-nunggu kabar terbaru soal film yang disutradrai oleh Angga Dwimas Sasongko ini.
 
Sheila Timothy, produser film Wiro Sableng 212, tampaknya makin memanaskan rasa penasaran para penggemar lewat sejumlah unggahan di media sosialnya. Dari sejumlah foto dan video yang dipamerkan Sheila, tampak bahwa latihan bela diri untuk para bintang film ini telah dimulai.
 
____________________________________
 
Cerita Kimberly Ryder Tentang Mantan
Senin, 24 April 2017       
                                               
Liputan6.com, Jakarta - Hampir setiap orang memiliki kisahnya sendiri bersama mantan. Ada banyak kisah dan rahasia yang tidak diungkap ketika masih menjadi kekasih. Berangkat dari itu, Rumah Produksi Renee Pictures yang telah menelurkan karya-karyanya hingga tembus di festival film internasional ini menghadirkan sebuah film yang begitu personal, berjudul Mantan.
 
Kimberly Ryder, pemeran Juliana di film yang akan tayang bulan Juni 2017 ini, selain teringat dengan mantan, namun juga mendapatkan pengalaman dan tantangan baru di film Mantan.
 
____________________________________
 
Main Film 'Insya Allah Sah!', Titi Kamal Tak Tahan Lihat Muka Jelek Pandji Pragiwaksono
Senin, 24 April 2017       
                                               
WowKeren.com - Sukses merebut hati penonton dengan film "Danur", MD Pictures siap meluncurkan film adaptasi novel laris lainnya. Salah satunya adalah novel karya Achi TM yang berjudul "InsyaAllah Sah!". Direncanakan tayang pada Lebaran, film komedi islami itu akan mempersatukan Titi Kamal, Richo Kyle dan Pandji Pragiwaksono dalam satu layar.
 
Lewat akun Instagram miliknya, Titi Kamal telah membagikan foto di balik layar sesi pemotretan poster "InsyaAllah Sah!". Istri Christian Sugiono berperan sebagai cewek jutek bernama Silvi. Ia tampak seksi dalam balutan dress merah.
 
____________________________________
 
Alasan Tara Basro Tertarik Main di Film Pengadi Setan
Minggu, 23 April 2017       
                                               
Bintang.com, Jakarta Selama ini Tara Basro tidak pernah main film horor serius. Sebab itu, dia tertarik terlibat dalam karya Joko Anwar, me-remake film Pengabdi Setan. Film garapan Sisworo Gautama Putra itu meraih sukses dan sangat populer di era 80-an.
 
"Saya nggak pernah main film horror yang serius banget horrornya yang kayak gini. Dulu film horror saya lebih main ke hutan, nggak begitu ngeri lah. Tapi yang ini menarik," ujar Tara Basro, di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (21/4/2017).
 
____________________________________
 
"Stip & Pensil", Gado-gado Komedi Pendidikan
Minggu, 23 April 2017       
                                               
JAKARTA, KOMPAS.com -- Dunia pendidikan Indonesia kembali diangkat dalam sebuah film. Kali ini dibalut dalam kemasan komedi remaja melalui film Stip & Pensil.
 
Banyak topik yang ingin dicetuskan film ini, mulai dari antiperundungan, ketimpangan sosial, hingga kemiskinan perkotaan, dalam porsi yang nyaris sama sehingga rasanya mirip gado-gado.
 
Sudah banyak film yang mengupas wajah pendidikan di negeri ini. Sebut saja beberapa judul yang lekat di ingatan, seperti Denias, Senandung di Atas Awan; Laskar Pelangi; Sokola Rimba; juga Sang Pemimpi.
 
____________________________________
 
Dibuat Sekuel, Teaser 'EIFFEL I'M IN LOVE' Akhirnya Dirilis!
Sabtu, 22 April 2017       
                                               
Kapanlagi.com - Sepertinya beberapa waktu belakangan ini sedang demam nostalgia. Baik di industri film maupun di bidang entertainment lainnya. Yang paling kentara adalah comeback sekuel ADA APA DENGAN CINTA setelah 14 tahun berselang. Tentu saja hal ini memicu kembali memori masa remaja yang dialami oleh para generasi 90-an.
 
Pada tahun 2016 lalu, Rangga dan Cinta kembali menyapa penggemar mereka di layar lebar. Dan bisa diprediksikan, ADA APA DENGAN CINTA 2 meraup sukses besar. Film yang diderek oleh Riri Riza ini berhasil mendapatkan 3.6 juta penonton. Angka yang fantastis untuk film buatan sineas tanah air.
 
____________________________________
 
Unik, Alasan Nirina Zubir Senang Main di 5 Cowok Jagoan
Sabtu, 22 April 2017       
                                               
Bintang.com, Jakarta Ada yang berbeda dari penampilan Nirina Zubir. Potongan rambutnya yang sekarang cepak atau pendek tentu berbeda dibanding biasanya. Menurut Nirina, rambut barunya tersebut merupakan tuntutan peran untuk film terbarunya berjudul 5 Cowok Jagoan.
 
Ia memang sedang mempersiapkan diri membintangi film bergenre eksyen tersebut. Berbeda dari sebelumnya, di film bergenre ini Nirina akan berperan sebagai seorang pembunuh bayaran. Demi perannya itu, Nirina menjalani berbagai latihan fisik. Ia bahkan sampai rela melakukan diet dan berlatih selama setidaknya 6-8 jam sehari.
 
____________________________________
 
Dimas Aditya Luluhkan Joko Anwar dalam 5 Menit
Sabtu, 22 April 2017       
                                               
JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Dimas Aditya (32) akan ambil bagian dalam sebuah karakter untuk film Pengabdi Setan yang disutradarai oleh Joko Anwar.
 
Dimas mengatakan bahwa tidak membutuhkan waktu yang lama untuk meluluhkan sang sutradara melalui proses seleksi peran atau casting.
 
"Ngobrol 1,5 jam dan casting-nya malah cuma 5 menit," ujarnya saat syukuran sebelum menjalani proses shooting film tersebut di Rapi Films, Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (21/4/2017).
 
____________________________________
 
Film Drama Versus Komedi Bersaing Lagi di Ajang Indonesian Movie Actors Awards 2017
Jumat, 21 April 2017       
                                               
WowKeren.com - Satu lagi ajang penghargaan untuk insasn perfilman Tanah Air akan digelar. Dalam waktu dekat, sederet aktor dan aktris ternama akan bersaing di Indonesian Movie Actors Awards 2017.
 
Indonesian Movie Actors Awards (IMAA) sendiri belum lama ini telah merilis daftar nominasi. Tak jauh berbeda dari ajang-ajang sebelumnya, di IMAA 2017, deretan aktor dan aktris bintang film bergenre drama dan komedi masih bersaing ketat.
 
 
____________________________________
 
'Eiffel I'm In Love 2' Siap Syuting, Reunian Shandy Aulia cs Ini Bikin Fans Baper
Jumat, 21 April 2017       
                                               
WowKeren.com - Sejak setahun lalu, kabar soal rencana syuting sekuel film "Eiffel I'm In Love" memang sudah santer diberitakan. Apalagi Shandy Aulia sendiri sebelumnya membocorkan dirinya telah menerima naskah filmnya.
 
Beberapa bulan berlalu, pemeran Tita itu akhirnya mengungkap kabar terbaru. Hal ini tampak dari postingannya di akun jejaring sosial pribadi terkait "Eiffel I'm In Love 2" yang siap memulai proses syuting.
 
Shandy Aulia mengunggah foto reuni setelah 14 tahun bersama para pemain lain. Mereka adalah keluarga Tita di "Eiffel I'm In Love" yakni Tommy Kurniawan (Alan), Helmy Yahya, Hilda Arifin dan Saphira Indah.
 
____________________________________
 
Tim Iqro ke Paris siapkan film sekuel
Jumat, 21 April 2017       
                                               
London (ANTARA News) - Tim Film Masjid Salman Institut Teknologi Bandung (ITB) atau Tim Iqro melakukan survei guna menyiapkan pembuatan film Iqro II di Paris, yang pengambilan gambarnya dilakukan di Eropa di musim semi dalam cuaca berkisar antara tiga sampai 12 derajat Celcius.
 
Meskipun udara Paris menusuk sampai ke tulang, Tim Iqro tetap bersemangat dalam mencari lokasi terbaik untuk film barunya, ujar Duta Besar/Deputi Wakil Tetap Republik Indonesia (Dewatap RI) untuk Organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa urusan Pendidikan, Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan (UNESCO) TA Fauzi Soelaiman kepada ANTARA News, Jumat.
 
____________________________________
 
6 Fakta Menarik di Balik Film Kartini
Jumat, 21 April 2017       
                                               
Liputan6.com, Jakarta Film Kartini, akhirnya dirilis juga sejak Rabu (19/4/2017). Film yang bercerita tentang masa kecil dan remaja pahlawan emansipasi wanita Tanah Air ini, memang cukup banyak menarik perhatian para pecinta film. Buktinya di hari perdana penayangannya, film yang disutradai Hanung Bramantyo ini telah menarik 57 ribu penonton.
 
"Karena bagi kami, hanya dengan karya, negeri ini akan terus berdaulat dan mandiri. Terima kasih buat penonton yang sudah menonton dan menghargai karya kami," tulis Hanung Bramantyo dalam Instagram miliknya, Kamis (20/4/2017).
 
____________________________________
 
3 Perempuan Cantik Ini Menangis Usai Nonton Film Kartini
Kamis, 20 April 2017       
                                               
Bintang.com, Jakarta Film Kartini membuat tiga perempuan cantik ini menangis usai nonton. Meskipun tidak nonton bersama, namun reaksi Sri Mulyani, Najwa Shihab, dan Puteri Indonesia 2017 sama. Mereka terharu dan terinspirasi oleh film Kartini.
 
"Nangis lah (lihat perjuangannya), kalau nggak nangis bukan manusia menurut saya. Jika harus menilai film ini dari 0 sampai 10, saya kasih 10 karena saya memang sangat suka film tersebut," kata Sri Mulyani di Metropole XXI, Jakarta Pusat, baru-baru ini.
 
____________________________________
 
Tatjana Saphira Belajar Hidup di Tempat Kumuh
Kamis, 20 April 2017       
                                               
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tatjana Saphira merasa beruntung bisa terlibat dalam penggarapan film Stip & Pensil yang mengangkat kehidupan orang kurang mampu. Dia pun dipaksa beraktivitas di tempat kumuh yang justru membuatnya mendapatkan banyak pelajaran hidup.
 
"Bayak banget memori di sana, sebab pertama kali ke lokasi itu perasaan campur aduk," kata Tatjana..
 
Perempuan berusia 19 tahun ini mengaku, jika dia merupakan sosok perempuan yang hidup di perkotaan dan cukup fokus pada kebersihan. Sedangkan penggunaan lokasi Stip & Pensil justru di kawasan kumuh yang berdiri di atas tumpukan sampah.
 
____________________________________
 
Melihat Transisi Reza Rahadian Menjadi Sosok Bossman dalam 'My Stupid Boss'
Kamis, 20 April 2017       
                                               
Jakarta - Rumah produksi Falcon Pictures sukses menggarap 'My Stupid Boss' yang filmnya menarik tiga juta pasang mata lebih menyaksikannya di bioskop. Film komedi besutan Upi itu menampilkan sosok Reza Rahadian yang amat berbeda dari penampilan aslinya.
 
Memerankan karakter Bossman, Reza dibuat gemuk berperut buncit dengan rambut sebagian pitak. Sebuah transisi yang amat mendukung naskah skenarionya yang diadaptasi ke dalam bentuk cerita komedi.
 
 
 
 
____________________________________

 

Jadwal Pemutaran Film Untuk Pusat Kebudayaan pada Bulan April 2017

 

Institut Francais Indonesia (IFI), Jakarta
Pusat Kebudayaan Perancis
Ciné-Macet
Ciné-Macet
Festival Sinema Prancis
Festival Sinema Prancis
Festival Sinema Prancis
Pemutaran film pukul 19:00 WIB
 
6 April 2017   :Merci Patron (Sutradara: François Ruffin)
                          Perancis, 2015, 93 Menit
7 April 2017   :Young Tiger (Sutradara: Cyprien Vial)
                          Perancis, 2014, 87 Menit
11 April 2017 :Maestro (Sutradara: Léa Fazer)
                          Perancis,2013, 85 Menit
12 April 2017 :Michael Kohlhaas (Sutradara: Arnaud Des Pallières)
                          Perancis, 2013, 122 Menit
18 April 2017 :We Did It On A song (Sutradara: David André)
                          Perancis, 2013, 82 Menit
19 April 2017 :Merci Patron (Sutradara: François Ruffin)
                          Perancis, 2015, 93 Menit
20 April 2017 :Hanna Arendt (Sutradara: Margarethe Von Trott)
                          Perancis, 2012, 113 Menit
21 April 2017 :Maestro (Sutradara: Léa Fazer)
                          Perancis,2013, 85 Menit
25 April 2017 :Young Tiger (Sutradara: Cyprien Vial)
                          Perancis, 2014, 87 Menit
26 April 2017 :We Did It On A song (Sutradara: David André)
                          Perancis, 2013, 82 Menit
28 April 2017 :Michael Kohlhaas (Sutradara: Arnaud Des Pallières)
                          Perancis, 2013, 122 Menit
 

Goethe Haus Jakarta
Pemutaran film dimulai  pukul 19:00 WIB
 
 
Erasmus Huis
Pemutaran film dokumenter pukul 18:30 WIB
 
13 April 2017  : Jaji (Sutradara: Jeffrey Salimin)
 
 
Istituto Italiano di Cultura
Pemutaran film pukul 18:30 WIB
 
7 April 2017   :I cento passi (Sutradara: Marco Tullio Giordana)
                          Italia, 2000, 114 Menit
21 April 2017 :La masseria delle allodole (Sutradara: Paolo Taviani, Vittorio Taviani)
                          Italia, 2007, 122 Menit
28 April 2017 :Alla luce del sole(Sutradara: Roberto Faenza)
                          Italia, 2005, 89 Menit

 

Program Kineforum : Program April 2017
 
                         
 

 

 

Tentang Indonesian Film Center | Kebijakan Privasi | Berkas Hukum | Periklanan | Bantuan | Kontak kami