Login | Daftar
Semua Daftar Pesanan
Kosong
IdFilmCenter
@idfilmcenter
Beritahu teman
Berita
Messageboard
Blog
Bantuan
Kontak kami
Beri donasi ke Indonesian Film Center. Bantu kami melestarikan dan merestorasikan Materi Audio-Visual Indonesia. Lihat juga Tentang kami.
Berita Terbaru
IdFilmCenter News & Agenda
Ini Tampang Serius Herjunot Ali di Foto Terbaru 'Supernova'
Selasa, 22 Juli 2014
 
"Supernova" akan diarahkan sutradara Rizal Mantovani. Film tersebut diadaptasi dari novel berjudul sama karya Dewi Lestari. Ferre merupakan seorang eksekutif muda super sibuk. Ia akan digambarkan berselingkuh dengan jurnalis majalah wanita bernama Rana (Raline Shah) yang telah bersuamikan Arwin (Fedi Nuril).

Selain itu, ada pula pasangan gay Reuben (Hamish Daud) dan Dimas (Arifin Putra) serta karakter Diva (Paula Verhoeven). Film "Supernova" ini akan syuting di Indonesia dan Washington.
 
________________________________________
Hanung Bramantyo Berencana Bikin Film Kartini
Selasa, 22 Juli 2014
 
Jakarta - Setelah menyutradarai film biopik 'Soekarno: Indonesia Merdeka', Hanung Bramantyo masih tertarik membuatkan film tentang tokoh nasional lainnya. R.A Kartini adalah rencana selanjutnya dari Hanung.

"Saya suka sejarah. Nah pengen lagi bikin film tentang tokoh. Tapi harus sedikit hati-hati," kata Hanung saat ditemui usai buka puasa bersama di kediaman B.J. Habibie.
 
________________________________________
 
BJ Habibie Ingin Ada Lagi Film inspiratif Seperti 'Habibie dan Ainun'
Selasa, 22 Juli 2014
 
Jakarta - Sudah hampir 2 tahun lalu film 'Habibie dan Ainun' diputar. Tapi, kisah yang diceritakan dalam film tersebut masih mendapat tempat di penontonnya. BJ Habibie pun berharap ada lagi film inspiratif seperti itu.

BJ Habibie punya kesan berbeda dengan film karya Hanung Bramantyo tersebut. Tak jarang, banyak teman dan koleganya yang menanyakan apakah mantan presiden ke-3 Indonesia ini sering kali ditanya 'Kapan Anda buat film lagi?'.
 
________________________________________
 
Kenapa Film Politik '2014' Hanung Bramantyo Belum Tayang?
Selasa, 22 Juli 2014
 
Jakarta - Sutradara Hanung Bramantyo telah menyelesaikan proses produksi film bertema politik dengan judul '2014' sejak tahun lalu, namun hingga kini belum mendapat kesempatan tayang. Kenapa?

Menurut Hanung, film dibuat memang untuk menyambut pemilu tahun ini. "Ceritakan tentang pemilu. Ada 3 kandidat. Kemudian yang lolos 1 sama 2. Ada yang pengein banget ambisi jadi presiden tapi kalah polling sama satunya," jelas Hanung memberi sedikit bocoran cerita.
 
________________________________________
 
Film 'Runaway' Akan Berlanjut?
Selasa, 22 Juli 2014
 
Jakarta - Ahmad Al Ghazali memulai debutnya di film layar lebar dengan cukup baik lewat arahan sutradara Guntur Soeharjanto. Produser Maxima Pictures Ody Mulya Hidayat membuaka kemungkinan adanya sekuel.

"Kita lagi pikirkan, yang jelas harus di luar (negeri)," ujar Ody saat ditemui di Setiabudi Building, Senin (21/7/2014) malam.
 
________________________________________
 
Produser Jelaskan Spekulasi Kondisi Olga Syahputra di Billy & Olga Lost in Singapore
Selasa, 22 Juli 2014
 
WowKeren.com - Perilisan poster dan trailer film Olga Syahputra, "Billy & Olga Lost in Singapore", memunculkan pertanyaan dari banyak pihak. Pasalnya saat materi film dihadirkan, Olga sedang dirawat di Singapura karena sebelumnya didiagnosa menderita radang selaput otak atau meningitis.

Muncul spekulasi kalau Olga ke Singapura hanya untuk syuting. Sebagai produser, Sunil Samtani memberikan penjelasan kalau syutingnya dilakukan sebelum Olga masuk rumah sakit di Singapura, April lalu. "Itu syuting dilakukan bulan Desember waktu Olga dan teman-teman jalan-jalan ke Singapura," ujarnya singkat pada KapanLagi, Senin (21/7).
 
 
________________________________________
Jadi Pendekar, Reza Rahadian Rebonding Rambut
Senin, 21 Juli 2014
 
Jakarta - Mendapat peran pendekar untuk film terbarunya, Reza Rahadian melakukan perubahan drastis pada rambutnya. Reza yang memiliki rambut ikal, untuk pertama kalinya merasakan rebonding.

"Rambut ini untuk film Pendekar Tongkat Emas dan Strawberry Surprise," kata Reza saat ditemui usai buka puasa bersama di kediaman B.J Habibie di Jl Patra Kuningan XIII, Jakarta Selatan, Senin (21/7/2014).
 
________________________________________
 
Rasa Puas Dan Haru Pipik Dian Akan Film 'HIJRAH CINTA'
Senin, 21 Juli 2014
 
Kapanlagi.com - Tak pernah terbayang sebelumnya di benak Pipik Dian Irawati bahwa kisah hidupnya dengan mendiang suaminya, Ustaz Jeffry Al Buchory akan dibuat menjadi film layar lebar. Oleh karenanya wanita yang berprofesi sebagai penyanyi dan juga bintang iklan ini bersyukur sebab di tahun 2014, kisahnya tersebut hadir dalam bentuk film berjudul HIJRAH CINTA.

Tak ada reaksi lain darinya selain bersyukur karena film itu akan dirilis pada 24 Juli mendatang mendekati Lebaran. Ia berharap film ini juga disambut positif oleh penonton. "Alhamdulillah senang berharap memberikan manfaat untuk orang lain," ungkapnya ketika ditemui di Epicentrum XXI, Rasuna Said, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.
 
________________________________________
 
Jadi Figuran Film Layar Lebar Itu... Sesuatu
Senin, 21 Juli 2014
 
Kapanlagi.com - Apa jadinya sebuah film tanpa pemain figuran? Sepi pastinya. Kehadiran pemain figuran dalam sebuah film layar lebar itu dibutuhkan. Meski mungkin kemunculannya hanya dalam hitungan detik, tanpa dialog, dan hanya menjadi latar, kehadiran mereka tak boleh diabaikan.

Dari sisi status sosial, tentu menjadi pemain figuran kalah bergengsi dibanding menjadi pemain utama atau pendukungnya. Hal tersebut wajar saja mengingat dalam tugasnya pemain figuran hanyalah pelengkap. Ia cukup duduk, berdiri, atau berjalan dalam suatu adegan tanpa perlu menghafal dialog. Kalau pun ada yang dipercaya untuk mengucapkan dialog, tentunya panjangnya hanya satu atau dua kalimat.
 
 
________________________________________
 
Kisah Merry Riana Difilmkan MD Pictures
Senin, 21 Juli 2014
 
Jakarta - Setelah meraih sukses dalam film "Habibie & Ainun" sebagai film dengan jumlah penonton tertinggi di Indonesia, kini MD Pictures kembali mengangkat kisah nyata Merry Riana, dari buku best seller yang ditulis oleh Alberthiene Endah.

Merry Riana berkisah tentang kegigihan seorang remaja puteri yang harus bertahan hidup di perantauan dengan kondisi sangat mengenaskan.
 
________________________________________
 
Kamar 207, Tak Gentar Bersaing Dengan Film Religi dan Komedi
Senin, 21 Juli 2014
 
Jakarta, HanTer - Jelang Lebaran sejumlah film Indonesia bakal menghibur masyarakat. Salah satunya film horor bertajuk ‘Kamar 207’ yang akan bersaing dengan film layar lebar lainnya seperti 'Bajaj Bajuri The Movie' (Starvision Plus), Drama Remaja 'Runaway' (Maxima Pictures), Religi 'Hijrah Cinta' (MVP Pictures), Anak-Anak 'Seputih Cinta Melati' (Alenia Pictures).

Sutradara film ‘Kamar 207’, Chiska Dopert tak gentar bersaing dengan film-film lain yang lebih mengutamakan film religi dan komedi. Ia yakin film besutannya yang tayang 24 Juli 2014 itu memiliki penonton sendiri.
 
________________________________________
 
Yusril Ihza Mahendra Sabet Gelar Aktor Terbaik Festival Film Madrid
Senin, 21 Juli 2014
 
Jakarta, GATRAnews - Bukan hanya mumpuni di bidang hukum, Yusril Ihza Mahendra, menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Kabinet Persatuan Nasional pada era kepemimpinan presiden Abdurrahman Wahid, mempunyai prestasi luar biasa di bidang seni peran.

Yusril berhasil menyabet penghargaan aktor utama terbaik The Best Lead Actor In A Foreign Language Film 2014 Legend Of The East atau Pemeran Terbaik Utama dalam Kategori Bahasa Asing ajang Madrid Internasional Film Festival Awards berkat aksinya di film Legend of the East.
 
________________________________________
 
Di Singapura, Olga Koma atau Syuting Film?
Minggu, 20 Juli 2014
 
JAKARTA - Setelah dikabarkan mengidap penyakit meningitis hingga membuatnya koma, Olga Syahputra dirawat di Rumah Sakit Mount Elizabeth. Namun kabar terkini menyebutkan, Olga bermain film.

Kabar tersebut mencuat setelah Syahnaz Sadiqah membocorkan proyek perdananya sebagai bintang film dalam Billy & Olga Lost in Singapore, di Instagramnya.
 
________________________________________
 
Alfie Alfandy, Sosok Pemeran Uje di Film 'Hijrah Cinta'
Minggu, 20 Juli 2014
 
Jakarta - Sosok almarhum Ustad Jeffry Al-Buchori 'dihidupkan' kembali dalam sebuah film berjudul 'Hijrah Cinta'. Aktor bernama Alfie Alfandy pun didapuk untuk memerankan sang ustad gaul versi film layar lebarnya.

Dipilihnya Alfie Alfandy diakui Raam Punjabi, produser film tersebut merupakan sebuah keberuntungan. Adalah seorang Hanung Bramantyo yang merekomendasikan Alfie untuk ikut kasting sebagai Uje.
 
________________________________________
 
Ironis, Indonesia Hanya Mampu Produksi Empat Film Imax
Sabtu, 19 Juli 2014
 
Jakarta - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang dibangun pada 1975 diharapkan menjadi jendela Indonesia bagi dunia internasional. Berbagai seni dan kebudayaan Indonesia dapat disaksikan di tempat wisata seluas sekitar 150 hektar ini.

Tak hanya menyaksikan langsung berbagai aspek kehidupan sehari-hari masyarakat di seluruh Indonesia, pengunjung TMII juga dapat mengenal kebudayaan dan alam Indonesia melalui film di Theater Imax Keong Emas.
 
________________________________________
 
Susahnya Mencari Aktor Mirip Uje
Sabtu, 19 Juli 2014
 
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Untuk mencari aktor yang memerankan tokoh Ustaz Jeffry Al Buchori alias Uje, ternyata bukan perkara mudah.

Indra Gunawan, sang sutradara, mengalami kesulitan menemukan sosok yang tepat memerankan ustaz gaul tersebut.
 
________________________________________
 
Film Indonesia "Rocket Rain" berkompetisi di Festival Karlovy Vary Ceko
Sabtu, 19 Juli 2014
 
 
London (ANTARA News) - Film Indonesia Rocket Rain masuk dalam kompetisi di Forum of Independent, Karlovy Vary International Film Festival (KVIFF) 2014, ke 49 yang digelar di kota Karlovy Vary, Ceko bersanding dengan berbagai film dari seluruh dunia.

"Suatu kehormatan Rocket Rain bisa masuk berkompetisi KVIFF, festival tertua di Czech Rep dan dikenal tidak berkompromi terhadap film-film pilihannya," ujar sutradara Rocket Rain, Anggun Priambodo, di London, Sabtu.
 
 
________________________________________
 
 
'Hijrah Cinta' Juga Kisahkan Masa Kelam Ustad Jeffry
Sabtu, 19 Juli 2014
 
Jakarta - Film 'Hijrah Cinta' mengisahkan tentang perjalanan hidup seorang ustad Jeffry Al Buchory. Ada dua narasumber yang menjadi acuan dalam film tersebut yaitu Pipik dan Umi Tatu, sebagai orang terdekat Uje.

Selain terlibat dalam kisah film itu, istri mendiang Uje, Pipik juga berkontribusi dalam proses editing. Menurutnya, hampir semua cerita ia yang mengisahkannya.
 
________________________________________
 
Film Indonesia sabet penghargaan di Jepang
Jumat, 18 Juli 2014
 
Osaka (ANTARA News) - Film pendek karya sutradara Indonesia, Yosep Anggi Noen, yang berjudul "A Lady Caddy Who Never Saw a Hole in One" meraih penghargaan Grand Prix pada Short Shorts Film Festival & Asia 2014 yang diselenggarakan di Osaka, Jepang, pada 18--21 Juli.

Tak hanya itu, film pendek ini juga meraih dua pengharaan lain, yakni Asia International Competition Best Short Award dan Tokyo Govenor' Award pada festival film yang sama.
 
________________________________________
 
Berkeliling Indonesia Hanya Dengan Duduk Manis
Jumat, 18 Juli 2014
 
Kapanlagi.com - Libur Lebaran sudah di depan mata. Seperti tahun-tahun sebelumnya, kita bisa menggunakan momen liburan tersebut untuk pulang ke kampung halaman, mudik istilahnya. 
Perjalanan tersebut meski terkadang disertai macet selalu membawa sensasi yang berbeda. Dari hiruk pikuknya kota besar, kita akan menikmati lanskap dan juga keunikan dari masing-masing kota yang kita lewati hingga sampai ke tempat tujuan.
 
Meski tidak selalu menyoal tentang mudik, road movie juga menghadirkan sensasi yang sama. Film bergenre ini memaparkan kisah perjalanan tokohnya dari satu tempat ke tempat lainnya hingga sampai ke tujuan. Dalam penuturan kisahnya pun, penonton akan disuguhkan seperti apa rasanya menikmati pemandangan alam dan juga berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai tempat di Indonesia.
 
________________________________________
 
Fajar Nugros Siapkan Film Action Khas Ibu Kota
Kamis, 17 Juli 2014
 
Jakarta - Setelah merampungkan film 'Bajaj Bajuri the movie', sutradara Fajar Nugros berbegas menyiapkan karya barunya lagi. Bukanlagi komedi atau drama seperti film-film sebelumnya, melainkan sebuah film laga.

Ya, bukan lagi seperti masa-masa 'Queen Bee' atau 'Cinta di Saku Celana' dari Fajar Nugros. Karena untuk proyek anyarnya itu, ia memutuskan untuk mencoba memberikan rasa yang baru.
 
________________________________________
 
Cerita dan Poster Film 'Hijabers in Love' Dipermasalahkan Netter?
Kamis, 17 Juli 2014
 
Dilansir Liputan6, pangkal soalnya adalah sebuah akun dakwah di Twitter yang mengunggah poster film dengan tulisan "Ya Allah.. Kenapa hijabers dicitrakan seperti ini? Kami hijabers tidak murahan, mengobral cinta...". Akun itu memiliki lebih dari 20ribu follower.
 
Puluhan follower akun itu diantaranya menulis mention ke Ichwan Persada (produser dan juga pemilik cerita asli) dan Oka Aurora (penulis skenario sekaligus penulis novelnya). Ichwan kemudian menanggapinya dengan tulisan, "Nonton dulu filmnya ya. Setelah itu silakan dinilai". Sedangkan Oka menulis "Maaf jika tak berkenan. Poster adalah konteks. Konten ada di isi film. Moga tak surutkan niat menonton."
 
________________________________________
 
Masuk Bisnis Bioskop, Lippo Siapkan Dana Rp 6 Triliun
Kamis, 17 Juli 2014
 
Jakarta -Lippo Group kini memiliki bisnis baru yang bergerak di bidang hiburan, yaitu jaringan bioskop. Jaringan bioskop Lippo tersebut diberi nama Cinemaxx.

Hari ini, Cinemaxx mengumumkan memasuki bisnis jaringan bioskop dengan jumlah investasi sebesar Rp 6 Triliun. Dana ini akan digunakan untuk mengembangkan jaringan bioskop di seluruh Indonesia dalam jangka waktu 10 tahun ke depan.
 
________________________________________
 
Film Horor `Kamar 207` Siap ramaikan Libur Lebaran
Kamis, 17 Juli 2014
 
Liputan6.com, Jakarta Ada lima film nasional yang akan menyerbu bioskop nasional pada saat libur Lebaran nanti. Lima film tersebut berasal dari berbagai genre, mulai dari drama percintaan, komedi, film religi hingga horor.

Film berjudul 'Kamar 207' yang digarap rumah produksi BIC Production & Mitra Pictures, menjadi sajian film horor di suasana libur Lebaran.
 
________________________________________
 
Alena Wu Antusias Bintangi Film Berbahasa Mandarin 'Silent Heroes'
Kamis, 17 Juli 2014
 
WowKeren.com - Penyanyi asal Malang, Alena Wu, akan unjuk kebolehan lewat perannya sebagai Ping Ping dalam film Indonesia berbahasa Mandarin, "Silent Hero(es): Was Unspoken, Now Undivided". Hal tersebut merupakan tantangan tersendiri bagi pelantun "Tersenyumlah" itu.

"Tidak ada bahasa Indonesia atau Inggris, ini pertama kalinya film Indonesia yang dibuat dengan bahasa Mandarin," sahut Alena di Jakarta, beberapa waktu lalu. "Targetnya untuk memenangkan film di berbagai festival di luar negeri, untuk mengenalkan film Indonesia pada dunia. Film ini tak berat. Ini proyek menyenangkan bagi kami semua."
 
________________________________________
Lola Amaria Berharap Filmnya Jadi Inspirasi Anti Korupsi
Kamis, 17 Juli 2014
 
Aktris peran dan sutradara Lola Amaria berharap, film Negeri Tanpa Telinga yang disutradarainya bisa menginspirasi pemerintahan baru Indonesia nanti agar terhindar dari korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan.

"Mudah-mudahan dengan pemerintahan yang baru nanti, tidak akan terulang lagi kasus-kasus korupsi yang merugikan uang negara," kata Lola di Jakarta, Rabu (16/7).
 
________________________________________
 
Yuk Bermain Angka Untuk Dukung Perfilman Indonesia
Kamis, 17 Juli 2014
 
Kapanlagi.com - Jumlah penonton tertinggi dalam sejarah perfilman tanah air masih dipegang oleh LASKAR PELANGI (4,8 juta penonton) di tahun 2008 dan HABIBIE & AINUN (4,5 juta) di tahun 2012. Keduanya benar-benar memberi harapan bahwa film Indonesia masih bisa terus berjaya.

Sayang momentum tersebut tak bisa bertahan setiap tahunnya. Di tahun 2013 lalu, film terlarisnya yakni TENGGELAMNYA KAPAL VAN DER WICJK hanya mampu menarik minat 1,7 juta penonton saja. Tidak buruk memang tapi jelas jumlah tersebut terpaut jauh dengan film terlaris di tahun sebelum.
 
________________________________________
 
Taman Langsat Mayestik Mendadak Trending, Filmnya Promo Gratis
Rabu, 16 Juli 2014
 
Kapanlagi.com - Selasa (15/07) tagar #HororTamanLangsatMayestik mendadak jadi trending di Twitter. Susah dibuktikan siapa yang pertama kali membuat tagar tersebut, tapi dari banyaknya mention yang diikuti tagar tersebut, @TweetRapopo menjadi yang paling banyak menyertakan tagar tersebut.

Akun Twitter satu ini merupakan akun parodi untuk seru-seruan yang kerap memberi pertanyaan lucu seputar keseharian masyarakat. Uniknya setiap hari mereka secara acak menyertakan tagar yang berbeda-beda. Tagar "Horor Taman Langsat Mayestik" lantas menjadi tagar yang dipilih mereka kemarin.
 
________________________________________
 
Abimana Main Film Bareng Penyanyi Misterius, Coba Tebak!
Rabu, 16 Juli 2014
 
Kapanlagi.com - Abimana Aryasatya baru saja menyelesaikan syuting HAJI BACKPACKER produksi Falcon Pictures. Road movie yang bakal dirilis awal Oktober tersebut menjanjikan hiburan yang seru karena diambil gambarnya di banyak negara seperti China, India, Arab Saudi, Thailand, Tibet, Nepal, Iran, Vietnam dan tak ketinggalan, Indonesia.

Selepas menjalani syuting film tersebut, Abimana memilih untuk menjalani bulan Ramadan bersama keluarga. Selain itu, ia juga tengah mempersiapkan terbarunya. Dalam film bergenre drama itu, Abimana akan dipasangkan dengan penyanyi Indonesia ternama.
 
________________________________________
 
Di "Bajaj Bajuri The Movie", Meriam Bellina Jadi Emak Betawi-Sunda
Rabu, 16 Juli 2014
 
JAKARTA, KOMPAS.com -- Karakter Emak dengan logat Betawi yang kental ketika diperankan oleh aktris kenamaan Nani Wijaya dalam seri komedi Bajaj Bajuri di layar kaca, menjadi berbeda ketika dimainkan oleh artis peran Meriam Bellina (49) dalam film layar lebar dengan judul yang sama. Mer, demikian biasa dia disapa, memodifikasi karakter Emak dengan tambahan logat Sunda.

"Saya coba peran baru, tapi dengan ciri khas saya, digabung antara Betawi dengan Sunda," ujar Mer dalam wawancara usai press screening Bajaj Bajuri The Movie, di XXI Epicentrum Walk, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (15/7/2014) malam.
 
________________________________________
 
Cella Kotak Pamer Teaser Film 'Rock N Love'
Rabu, 16 Juli 2014
 
WowKeren.com - Film "Rock N Love" baru akan dirilis sekitar Oktober mendatang. Tetapi, salah satu pemeran pendukungnya, Cella Kotak, sudah membuat penasaran para penggemar dengan memamerkan teaser film di akun Twitter-nya.

Selain teaser, Cella juga mengunggah foto-foto aktivitas syuting "Rock N Love". "Rock N Love movie coming soon (Film 'Rock N Love' segera datang)," tulis Cella.
 
________________________________________
5 Daya Tarik Film 'Seputih Cinta Melati'
Rabu, 16 Juli 2014
 
Jakarta - Film drama keluarga dengan tema religi produksi Alenia Pictures 'Seputih Cinta Melati' siap hadir mengisi libur Lebaran pada 24 Juli mendatang. Sebelum menonton, simak beberapa daya tarik yang menjadi kelebihan filmnya.
 
 
________________________________________
 
Rabu, 16 Juli 2014
 
Jakarta - Nia Zulkarnaen berterima kasih pada suaminya Ari Sihasale yang telah memberikannya kado sebuah film bernuansa religi 'Seputih Cinta Melati'. Perbedaan keyakinan di antara keduanya disikapi dengan saling menghormati.

"Memang baru kali Alenia punya film tema religi. Beda dari sebelumnya. Keinginan film untuk libur Lebaran sebenarnya udah lama. Selama ini kan film libur sekolah," kata Nia yang memancarkan kelegaan setelah mendapatkan respons positif setelah premiere filmnya.
 
________________________________________
 
Fajar Nugros Akui Pemeran 'Oneng' yang Paling Susah Dicari
Rabu, 16 Juli 2014
 
Jakarta - Tidak hanya bagi pemain, tapi menggarap ulang sebuah serial yang sebelumnya populer ke dalam film layar lebar cukup menyulitkan sutradara. Hal itu pun dialami sutradara 'Bajaj Bajuri the Movie', Fajar Nugros.

Bukan cerita yang menyulitkannya, melainkan mencari pemain untuk menggantikan Mat Solar Cs di serial komedi aslinya 'Bajaj Bajuri'. Dan ternyata, pemeran karakter Oneng lah yang menurutnya paling susah dicari.
 
________________________________________
 
Kisah Cinta Figur Publik Jadi Tren Baru Perfilman
Rabu, 16 Juli 2014
 
Kapanlagi.com - Akhir tahun 2012 tentu menjadi momen istimewa bagi perfilman Indonesia. Dua film buatan sineas dalam negeri, yakni 5 CM (Rizal Mantovani) dan HABIBIE AINUN (Faozan Rizal) menjadi film yang paling ditonton di bioskop-bioskop tanah air.

Berbagai sumber mencatat bahwa hingga akhir perilisannya, 5 CM berhasil meraup 2.392.210 penonton sedangkan HABIBIE & AINUN berhasil mengumpulkan 4.529.633 penonton dalam peredarannya hingga awal tahun 2013. Fantastis bukan?
 
________________________________________
 
Wajah-wajah baru hiasi versi film "Bajaj Bajuri"
Rabu, 16 Juli 2014
 
Jakarta (ANTARA News) - Sederet wajah baru, seperti Ricky Harun, Eriska Rein, Meriam Bellina dan Muhadkly Acho akan menghiasi versi film "Bajaj Bajuri" yang akan hadir 24 Juli mendatang.

"Dengan wajah baru, "Bajaj Bajuri the Movie" memiliki kesempatan untuk memulai kisahnya dari nol..., bagaimana Bajuri bertemu Oneng misalnya. Lalu, jika pecinta serialnya selalu mendapati Emak sebegitu sensinya pada menantunya (Bajuri), dalam versi film ini, akan terjawab," ujar Sutradara versi film Bajaj Bajuri, Fajar Nugros, dalam keterangan pers di Jakarta, Selasa.
 
Produsen Film Habibie-Ainun Gelar Syukuran
Produsen Film Habibie-Ainun Gelar Syukuran
Produsen Film Habibie-Ainun Gelar Syukuran

Hai semua,

Kompetisi FilmBox periode April - Juni 2014 telah resmi ditutup.

Berikut ini adalah pemenang Kompetisi FilmBox tersebut:

1. Film pemenang Kompetisi FilmBox pilihan Juri tamu (Prima Rusdi) adalah:

    “LELUNGA” karya Sutradara : Yudhistira Dwi Pranata, Oldy Pandu Nugraha

Berikut komentar Prima Rusdi mengenai pemenang pilihannya:

LELUNGA (5:50) : Film yang di ceritakan dengan baik tentang seorang wanita yang pada usia tuanya masih bisa bermimpi. Meskipun ia tampaknya hidup kesepian, dia masih bisa melakukan perjalanan. Hal ini cocok untuk diceritakan kisahnya melalui animasi yang dilakukan oleh pembuat film, dan secara teknis saya harus mengatakan bahwa pembuat film unggul dalam hal ini. Menghibur, efektif / diceritakan dengan baik, fokus dan ringkas. “LELUNGO” yang merupakan bahasa jawa yang mempunyai arti “Perjalanan/berkeliling”. Pendeknya, setiap elemen yang di pergunakan dalam film animasi ini sangat baik, termasuk judul.

2. Film pemenang Kompetisi FilmBox Special Mention dari IdFilmCentre adalah:

    " Drive Safely " karya Sutradara : Anka Atmawijaya Adinegara

Berikut adalah motivasi dari IdFilmCentre untuk pemenang pilihan mereka:

IdFilmCenter memilih film animasi “Drive Safely” sebagai pemenang. Pembuat film bisa membuktikan bahwa 30 detik cukup untuk membuat film yang bagus. Dengan hanya 30 detik pembuat film memaksimumkan penggunaan animasi, suara dan music untuk menciptakan emosi dan sangat jelas bahwa pembuat film ingin mengatakan : “Drive Safely

 

Selamat kepada pemenang
 
_________________________________________
 
Malang Film Festival 2014

Merupakan kompetisi film fiksi pendek tingkat nasional. Kompetisi ini secara konsisten mengangkat tajuk “Indonesia Dalam Fiksi”. Memperebutkan Piala Paku Tidar sebagai penghargaan tertinggi dalam 7 kategori yaitu skenario, editing, penyutradaraan, sinematografi, aktor, aktris dan film terbaik. Kompetisi terbuka untuk masyarakat umum seluruh Indonesia..Pendaftaran tidak dikenakan biaya atau GRATIS. Tema Film: Bebas. Film yang dikirim adalah film fiksi pendek (bukan profil/dokumenter/video klip/trailer). Pengiriman karya dibuka dari tanggal 29 April 2014 dan akan ditutup pada tanggal 8 Agustus 2014. Keterangan lebih lanjut lihat di  magelangfilmfestival.weebly.com

 
Festival Sadar Energi 2014
 
Film pendek yang diikutsertakan dalam kompetisi harus berhubungan dengan konsep "Sadar Energi", orisinil,  dan diproduksi di tahun 2012 ke atas / setelah tahun 2011. DVD diberi label keterangan: judul film, genre, nama sutradara, dan tahun produksi. DVD berlabel keterangan dan copy KTP dikirim ke alamat: Jalan Anggrek IV / 1C Pondok Pinang Jakarta Selatan, Telepon : 021 - 748 708 66. Paling lambat pada Jumat, 25 Juli 2014. Keterangan lebih lanjut lihat di energikitaonline.wix.com
 
 
 
 
 
 
 
Cinemokrasi

Pendaftaran dibuka dari tanggal 13 Juli 2014. Formulir dalam bentuk soft paling lambat diterima oleh panitia pada tanggal  01 Agustus 2014 pukul 23.00 WIB. Dan Film dikirim ke alamat FORMAH PK Fakultas Hukum Universitas Brawijaya, Jalan MT. Haryono No. 169   paling lambat 15 September 2014. Peserta Lomba merupakan Mahasiswa atau Umum. Tema Film “Perjalanan Menuju Indonesia Demokrasi”. Batas durasi film maksimal 15menit. Batas pengiriman Film yaitu 15 September 2014. Keterangan lebih lanjut lihat di demokrasifeztivalkampus.tumblr.com

 

 

 

 

 

SAGAMOVIEFEST 2014

Pendaftaran peserta mulai tanggal : 01 Mei 2014 s/d tanggal 30 Juni 2014.Siswa SLTP & SLTA (dibuktikan dengan surat keterangan dari Sekolah yang bersangkutan). Tema Film Pendek (pilih salah satu):Kepedulian terhadap alam (misalnya : pelestarian alam, tanggap bencana, dll)  dan Kepedulian terhadap lingkungan (misalnya : seni, budaya, kaum muda, dll). Penyerahan hasil karya  paling lambat 31 Agustus 2014 (Cap Pos). Keterangan lebih lanjut lihat di www.sahabatprega.com

 

Gelar Karya Multimedia 11 2014

Gelar Karya Multimedia 11 2014 diselenggarakan oleh "Multimedia SMKN 11 Semarang". Karya yang dikirimkan adalah fiksi atau dokumenter, tema bebas. Tahun pembuatan karya adalah 2013-2014.  Durasi maksimal untuk fiksi 15 menit, dan untuk dokumenter 30 menit. Sudah termasuk opening dan credit roll. Karya paling lambat di terima panitia tanggal 10 Agustus 2014. Keterangan lebih lanjut lihat di  gelarkaryamultimedia11.wordpress.com

 

 

 

Festival Film Dieng II - 2014

Festival Film Dieng adalah ruang bagi apresiasi, pembelajaran dan silaturahim kebudayaan lintas generasi, yang menggunakan medium film sebagai jembatannya. Festival Film Dieng merupakan bagian dari Dieng Culture Festival, yang sudah diselenggarakan sejak tahun 2010. Peserta adalah pelajar Sekolah Menengah Atas/setara dari seluruh Indonesia. Kategori karya FIKSI (live action & animasi) dan DOKUMENTER dengan tema bebas. Tahun produksi/pembuatan 2013-2014. Karya paling lambat diterima tanggal 17 Agustus 2014. Keterangan lebih lanjut lihat di filmpelajar.com

 

Festival Film Pelajar Jogya (FFPJ) 2014

Festival Film Pelajar Jogja adalah ruang belajar bersama, berbagi dan silaturahmi komunitas dan karya film pelajar tingkat sekolah menengah atas dan yang setara. Kategori karya FIKSI (live action & animasi), DOKUMENTER dan VIDEO MUSIK. Tema bebas. Tahun produksi 2014. Durasi maksimal 10 (sepuluh) menit (sudah termasuk opening dan credit title). Pengiriman karya paling lambat lambat 1 Nopember 2014 (cap pos). Keterangan lebih lanjut lihat di filmpelajar.com

 

 

_________________________________________

Jadwal Pemutaran Film Untuk Pusat Kebudayaan pada Bulan Juli 2014

Institut Francais Indonesia (IFI), Jakarta
Pusat Kebudayaan Perancis
Pemutaran film pukul 13:00 WIB
 
IFI Salemba
Belum ada jadwal
 
IFI Wijaya
Belum ada jadwal
 
Institut Francais Indonesia (IFI), Bandung
Pusat Kebudayaan Perancis
Pemutaran film setiap Senin pukul 17:00 WIB
Belum ada jadwal
 
Goethe Haus Jakarta
Pemutaran film pukul 19:00 WIB
 
8 Juli 2014 : Rindu Kami PadaMu (Sutradara: Garin Nugroho)
                           Indonesia, 2004, 90 Menit

Erasmus Huis Jakarta
Pemutaran film pukul 13:30 WIB & 16:00 WIB
 
19 Juli 2014 :The New World (Sutradara: Jaap van Heusden)
                           Belanda, 2013,85 Menit
 
Istituto Italiano di Cultura
Pemutaran film pukul 19:00 WIB
Belum ada jadwal
 
Japan Foundation
Pemutaran film  Pukul 14:00 WIB
 
3 Juli 2014  : Negeri Salju ( Yukiguni ) (Sutradara: Shiro Toyoda)
                        Jepang, 134 Menit
 
6 Juli 2014  : Gamera:daikaiju kessen (Gamera: Penjaga Alam Dunia) (Sutradara:Shûsuke Kaneko)
                         Jepang, 1995, 96 Menit
 
Pusat Kebudayaan Korea
Pemutaran film
Belum ada jadwal
 
Bentara Budaya Jakarta
Pemutaran film
Belum ada jadwal
 
Bentara Budaya Bali
Pemutaran film
Belum ada jadwal

___________________________________________

Program Kineforum : Program Juli 2014
 
                         
 

 

 

 

 

Tentang Indonesian Film Center | Kebijakan Privasi | Berkas Hukum | Periklanan | Bantuan | Kontak kami