Login | Daftar
Semua Daftar Pesanan
Kosong
IdFilmCenter
@idfilmcenter
Beritahu teman
Berita
Messageboard
Blog
Bantuan
Kontak kami
Tentang FilmBox
Beri donasi ke Indonesian Film Center. Bantu kami melestarikan dan merestorasikan Materi Audio-Visual Indonesia. Lihat juga Tentang kami.
Sang Penyusun Api 
Dokumenter
Ditonton : 104 Pilih kualitas:
Nilai video ini :
Bagus
OK
Buruk
Diunggah pada : 30-05-2012
Sutradara : AR. Affandi Produser : Roverscout Team Penyunting : Olan Pibadi
Deskripsi :
Film dokumenter ini berisi tentang curahan hati seorang anggota Gudep Roverscout ( Djay Hidden ). Roverscout adalah para anggota Pramuka yang sudah tidak muda lagi. Mereka terkenal sebagai penyusun api unggun. Setiap tahun, mereka berpindah dari satu perkemahan ke perkemahan yang lain untuk membantu menyusun api unggun dengan berbagai bentuk dan tehnik penyalaan yang berbeda.
Sementara banyak remaja-remaja lain terbawa arus keliaran masa muda, Djay kecil ( Azis Sanusi ) telah memilih dan mencintai Pramuka sebagai jalan untuk pencarian jati dirinya. Kecintaannya pada Pramuka mengantarkan dia menjadi seorang pengajar sekaligus menjadi Pembina Pramuka tanpa latar belakang pendidikan sebagai seorang guru.
Dari sekian banyak kegiatan Pramuka, Djay Hidden sangat menyukai proses penyusunan api unggun. Dari kegiatan inilah Djay menemukan teman-temannya yang tergabung dalam Roverscout.
Banyak nilai filosofis yang ia dapatkan dari kegiatan penyusunan api unggun tersebut. Menurutnya, Api Itu semangat, api itu sumber kehidupan. Menyusun dan menyalakan api unggun tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada perjuangannya, dari mulai menyusun kayu-kayunya dari sesuatu yang berantakan dan bercerai berai menjadi sebuah tumpukan yang kokoh dan tidak mudah roboh, hingga proses teknik penyalaannya yang diwarnai dengan beberapa inovasi. Ini mengandung kiasan bahwa kita sebagai warga Negara Indonesia yang terdiri dari berbagai macam suku dan adat yang berbeda beda jikalau bersatu maka akan memiliki energi yang cukup besar untuk menjaga, mempertahankan, dan memajukan tanah air.
Film ini ingin menyampaikan pesan bahwa Gerakan Pramuka adalah Sang Penyusun api sejati, Penyusun perbedaan menjadi sebuah kesatuan, penyusun perbedaan menjadi sebuah kekuatan, untuk satu Indonesia tanah air kita.
   
Komentar atas video ini (3 Komentar)
Tutup komentar Tampilkan semua komentar
Tambah Komentar:
500 Sisa karakter
By: bhumijaya (Friday, June 2012)
hebat
By: ijem_ria (Friday, June 2012)
kerenn!! :)
By: mepram (Thursday, May 2012)
mantap....lanjutkan kak ! Tetap memandu...!
Go to page: 1 2 Next
Tentang Indonesian Film Center | Kebijakan Privasi | Berkas Hukum | Periklanan | Bantuan | Kontak kami