Login | Daftar
Semua Daftar Pesanan
Kosong
IdFilmCenter
@idfilmcenter
Beritahu teman
Berita
Messageboard
Blog
Bantuan
Kontak kami
Tentang FilmBox
Beri donasi ke Indonesian Film Center. Bantu kami melestarikan dan merestorasikan Materi Audio-Visual Indonesia. Lihat juga Tentang kami.
Bantuan FilmBox
FilmBox adalah bagian Indonesian Film Center (IdFilmCenter) yang dikhususkan untuk film-film dan karya video Indonesia dengan durasi singkat (maksimum 25 menit).
Film/video ini dibagi ke dalam 5 kategori:
(1)     Film Pendek,
(2)     Dokumenter,
(3)     Trailer Film,
(4)     Video Klip, dan
(5)     Iklan.
 
 
Katalog FilmBox
  1. Katalog FilmBox (dapat Anda temukan pada palang menu di atas) berisikan daftar lengkap film /video yang tersedia di FilmBox.  Katalog ini disusun sesuai urutan abjad.
  2. Setiap kategori FilmBox juga memiliki katalognya masing-masing (dapat Anda temukan pada bar Kategori, di bawah running text); katalog per kategori ini juga disusun sesuai abjad.
  3. Jika Anda mengklik Update Terbaru (pada halaman utama FilmBox) akan muncul daftar film/video di FilmBox yang disusun secara kronologis, dari yang terakhir diunggah, sampai dengan yang pertama diunggah.
  4. Jika Anda mengklik Video Terpopuler (pada halaman utama FilmBox) akan muncul daftar film/video di Filmbox yang disusun berdasarkan tingkat kepopulerannya; dari yang paling sering ditonton sampai dengan yang paling jarang ditonton.
  5. Jika Anda mengklik Video Terbaik (pada halaman utama FilmBox) akan muncul daftar film/video berdasarkan penilaian para pengguna IdFilmCenter, dari yang paling baik sampai dengan paling buruk.
 
 
Kotak Pencarian di FilmBox
Anda dapat mencari video berdasarkan tag word apa saja yang Anda mau.  Tag word tersebut bisa berupa nama, kutipan judul, tema video, tahun produksi, dll.  Pilih “Semua” untuk melihat video dari kategori apapun sesuai dengan tag word yang Anda masukkan; atau tentukan kategorinya untuk melihat video hanya dari kategori tersebut.
 
 
Kompetisi FilmBox
Kompetisi FilmBox dirancang untuk menyemangati para pembuat film pendek Indonesia.  Para nominator dari kompetisi yang tengah berlangsung akan ditampilkan di deretan “Nominasi Bulan Ini” pada halaman utama FilmBox.  Setiap 2 bulan akan ada (sedikitnya) 2 pemenang.  Silakan temukan informasi lebih lanjut tentang Kompetisi FilmBox di sini.
 
 
FAQs
Apakah saya harus terdaftar di IdFilmCenter untuk dapat menikmati FilmBox?
Jadi mengapa saya perlu mendaftarkan diri ke IdFilmCenter?
Bagaimana cara menonton video di FilmBox?
Bagaimana cara berbagi (merekomendasikan) sebuah video dari FilmBox?
Bagaimana saya dapat membaca komentar yang diberikan pada pengguna IdFilmCenter mengenai sebuah video?
Bagaimana cara memberikan/menghapus sebuah komentar pada sebuah video di FilmBox?
Bagaimana cara menilai sebuah video di FilmBox?
Bagaimana cara mengunggah sebuah video ke FilmBox?
 
 
Apakah saya harus terdaftar di IdFilmCenter untuk dapat menikmati FilmBox?
Tidak; walaupun Anda belum terdaftar, Anda sudah dapat:
  1. Menonton video.
  2. Berbagi (merekomendasikan) video.
  3. Membaca komentar para pengguna IdFilmCenter mengenai sebuah video.
 
Jadi mengapa saya perlu mendaftarkan diri ke IdFilmCenter?
Karena untuk dapat menikmati fitur interaktif di FilmBox, Anda harus log in terlebih dahulu (dan untuk itu Anda harus sudah terdaftar sebagai pengguna IdFilmCenter).  Fitur-fitur interaktif tersebut adalah:
  1. Memberikan/menghapus komentar Anda pada sebuah video.
  2. Menilai sebuah video.
  3. Mengunggah video Anda.
 
Bagaimana cara menonton sebuah video di FilmBox?
  1. Pilihlah salah satu video yang ditampilkan di halaman utama FilmBox, atau dari katalog kami, atau dari hasil pencarian menggunakan kotak pencarian.
  2. Klik pada judul video atau gambar video tersebut untuk membuka halaman video.
  3. Klik pada kotak video untuk mulai menonton.
  4. Anda dapat menonton video tersebut dengan resolusi rendah atau tinggi dengan memilih kualitas video; tergantung dari seberapa cepat Anda koneksi internet Anda.  Jika koneksi internet Anda agak lambat, kami sarankan untuk menonton video tersebut dengan resolusi rendah.
 
Bagaimana cara berbagi (merekomendasikan) sebuah video dari FilmBox?
  1. Anda dapat berbagi video dari FilmBox dengan mengklik tombol “Share” pada kotak video.
    1. Kemudian akan muncul kotak yang berisi link halaman video tersebut.  Anda dapat menyalin link ini ke sebuah e-mail dan mengirimkannya ke teman Anda.
    2. Pada kotak tersebut juga ada pilihan untuk membagi link tersebut melalui Facebook, Twitter, Myspace dan e-mail.
  2. Anda juga dapat berbagi video di Facebook, Twitter atau Blogger dengan mengklik ikon mereka di sebelah kiri dari kotak video.
 

Bagaimana saya dapat membaca komentar yang diberikan pada pengguna IdFilmCenter mengenai sebuah video?

  • Anda dengan mudah bisa melihat komentar-komentar mengenai sebuah video di bawah kotak videonya.  Di situ akan tampil 5 komentar terakhir yang telah diberikan para pengguna. 
  • Nomor yang ditulis di dalam tanda kurung di belakang tulisan "Komentar atas video ini" menunjukkan jumlah komentar yang ada atas video tersebut. 
  • Anda bisa mengklik "Lihat semua komentar" di ujung kanan baris itu untuk melihat semua komentar yang ada (pilihan ini tidak tersedia jika belum ada komentar yang diberikan).
 
Bagaimana cara memberikan/menghapus sebuah komentar pada sebuah video di FilmBox?
  1. Anda harus log in untuk dapat memberikan/menghapus sebuah komentar di FilmBox.  Jika Anda belum terdaftar sebagai pengguna IdFilmCenter, silakan daftarkan diri Anda di sini.
  2. Masuklah ke halaman video yang ingin Anda komentari.
  3. Untuk memberikan komentar, silakan ketik komentar Anda di kotak komentar di bawah kotak video, kemudian klik tombol “Beri Komentar”.  Anda dapat memberikan komentar sepanjang maksimal 500 karakter.  Jagalah sopan santun dan ikuti Panduan Komunitas kami.
  4. Untuk menghapus komentar, silakan temukan komentar yang ingin Anda hapus dari daftar komentar yang ada, kemudian klik “Hapus”.  Anda hanya dapat menghapus komentar-komentar yang pernah Anda berikan sebelumnya.
 
Bagaimana cara menilai sebuah video di FilmBox?
  1. Anda harus log in untuk dapat menilai sebuah video.  Jika Anda belum terdaftar sebagai pengguna IdFilmCenter, silakan daftarkan diri Anda di sini.
  2. Masuklah ke halaman video yang ingin Anda nilai.
  3. Silakan pilih penilaian Anda untuk video tersebut (Bagus / OK / Buruk) dari menu drop down yang tersedia di bawah kotak video, kemudian klik tombol “Nilai”.   Anda hanya dapat memberikan penilaian satu kali untuk setiap videonya; jika Anda sudah pernah memberikan penilaian Anda sebelumnya, nilai baru yang Anda berikan tidak akan dihitung.
 
Bagaimana cara mengunggah sebuah video ke FilmBox?
  1. Anda harus log in untuk dapat mengunggah sebuah video.  Jika Anda belum terdaftar sebagai pengguna IdFilmCenter, silakan daftarkan diri Anda di sini.
  2. Klik tombol “Unggah Video” pada palang menu di atas.
  3. Ikuti petunjuk yang diberikan di formulir dan isi semua kolom wajibnya.
Silakan baca Ketentuan Layanan dan Panduan Komunitas sebelum Anda mengunggah video.
Tentang Indonesian Film Center | Kebijakan Privasi | Berkas Hukum | Periklanan | Bantuan | Kontak kami