Login | Daftar
Semua Daftar Pesanan
Kosong
IdFilmCenter
@idfilmcenter
Beritahu teman
Berita
Messageboard
Blog
Bantuan
Kontak kami
Tentang FilmInfo
Beri donasi ke Indonesian Film Center. Bantu kami melestarikan dan merestorasikan Materi Audio-Visual Indonesia. Lihat juga Tentang kami.
Kategori Info:
Damarwulan-Minakjinggo (Sebuah Legenda Majapahit) (1983)
 
Durasi:
131 Menit
Genre:
Laga, Legenda
Produser:
Sutradara:
Penulis naskah:
Perusahaan film:
Informasi Dasar
Sinopsis Singkat:
Kisah tentang Damarwulan, seorang pemuda tampan dan banyak disukai wanita yang berhasil mengalahkan Adipati Blambangan, Minakjinggo, yang berniat merebut daerah Majapahit dan mempersunting Ratu Kencana Wungu.
Sinopsis Lengkap:
Di saat krisis Majapahit yang tengah menghadapi ancaman Adipati Blambangan, Minakjinggo (Harun Syarief), Damarwulan (Benny G. Rahardja) yang selalu diikuti dua punakawannya, Sabda Palon (Suroto) dan Naya Genggong (S. Djathi Kusumo), mengabdi di kerajaan Majapahit sesuai petunjuk kakek dan ibunya. Ia mengabdi di tempat pamannya sendiri, Patih Logender (Zainal Abidin), untuk mengurus kuda. Dalam pengabdiannya ia amat menderita, karena dua putra patih, Layang Seto (Awang Darmawan) dan Layang Kumitir (Pong Hardjatmo) sangat membencinya. Puteri patih satu-satunya, Anjasmoro (Chintami Atmanegara) jatuh hati kepada Damarwulan sejak pertama bertemu. Ancaman Blambangan makin gawat. Minakjinggo minta penyerahan Majapahit dan Ratu Kencana Wungu (Minati Atmanegara) jadi permaisurinya. Suatu malam, Ratu Kencana Wungu mandapatkan ilham bahwa seorang pemuda bernama Damarsasongko alias Damarwulan yang dapat mengalahkan Minakjinggo, Raja Blambangan. Maka ia minta Logender untuk mencari pemuda itu. Tentu tidak sukar mencarinya, cuma hal itu membuat dua anaknya iri hati. Diutuslah Damarwulan ke Blambangan. Sebelum pergi Damarwulan menikahi Anjasmoro dulu. Dengan bantuan Dewi Wahita (Wieke Widowati) dan Dewi Puyengan (Chetty Hawafara), isteri Minakjinggo sendiri yang jatuh hati terhadap Damarwulan, akhirnya Damarwulan dapat memenggal kepala Minakjinggo dengan senjatanya sendiri Gada Besi Kuning, yang dicuri oleh Wahita. Dalam perjalanan pulang, Damarwulan dihadang Layang Seto dan Layang Kumitir. Damarwulan yang dibuang ke jurang selamat berkat bantuan arwah ayahnya. Kemudian di hadapan Ratu Kencana Wungu terjadi keraguan: siapakah sebenarnya yang membunuh Minakjinggo? Maka Sang Ratu minta Damarwulan diadu melawan Layang Seto dan Layang Kumitir. Sesuai dengan janji Ratu, kemenangan Damarwulan berhadiah naik tahta Majapahit dan memperistri Kencana Wungu. Kesulitan belum berakhir. Kumitir atas petunjuk ayahnya bergabung dengan kerajaan lain yang hendak berontak. Seto merayu dua pendekar jago untuk bisa mengalahkan Damarwulan. Dua pendekar ini dipesan memang mencari Damarwulan karena dia itu saudaranya. Dalam duel antarsaudara tadi, arwah ayah Damar muncul lagi melerai. Mereka lalu menyelesaikan para pemberontak yang menyerang istana Majapahit. Maka berakhirlah kisah pemuda tampan yang selalu beruntung dan disenangi perempuan ini.
Negara & Tanggal Rilis:
Indonesia
Klasifikasi: 17+
Bahasa: Bahasa Indonesia
Warna: Warna
Status: Selesai / Rilis
Cast & Crew
Pemain:
Pemeran Utama
Benny G. Rahardja Sebagai  Damarwulan
Chintami Atmanegara Sebagai  Anjasmoro
Pemeran Pembantu
Awang Darmawan Sebagai  Layang Seto
Chetty Hawafara Sebagai  Dewi Puyengan
Harun Syarief Sebagai  Minakjinggo
Minati Atmanegara Sebagai  Ratu Kencana Wungu
Pong Hardjatmo Sebagai  Layang Kumitir
S. Djathi Kusumo Sebagai  Naya Genggong
Suroto Sebagai  Sabda Palon
Wieke Widowati Sebagai  Dewi Wahita
Zainal Abidin Sebagai  Patih Logender
Pemain
Adang Mansyur  
Baron Achmadi  
George Rudy  
Wolly Sutinah  
Crew:
Tim Tata Kamera
Penata Kamera Asmawi
Tim Tata Artistik
Penata Artistik Wijono Soewardjo
Tim Pasca Produksi
Penyunting Adegan Lilik Sudjio
Penata Musik Gatot Sudarto
Penata Suara E. Sambas
Produksi:
Production Companies PT Kalimantan Film
Materi Promosi
Galeri Foto
Festival & Penghargaan
Belum ada informasi.
Ulasan
Belum ada informasi.
Trivia
Lain-lain: Kopi VHS judul ini dapat diakses dari Koleksi Sinematek Indonesia.
Sumber dari: Filmindonesia.or.id
Tentang Indonesian Film Center | Kebijakan Privasi | Berkas Hukum | Periklanan | Bantuan | Kontak kami