Login | Daftar
Semua Daftar Pesanan
Kosong
IdFilmCenter
@idfilmcenter
Beritahu teman
Berita
Messageboard
Blog
Bantuan
Kontak kami
Tentang FilmInfo
Beri donasi ke Indonesian Film Center. Bantu kami melestarikan dan merestorasikan Materi Audio-Visual Indonesia. Lihat juga Tentang kami.
Kategori Info:
Cinta Suci Zahrana (2012)
 
Durasi:
108 Menit
Genre:
Drama
Produser:
Sutradara:
Penulis naskah:
Perusahaan film:
Informasi Dasar
Sinopsis Singkat:
Berkisah tentang sosok Zahrana, wanita pertama di Indonesia yang mendapat penghargaan Internasional dalam bidang arsitek. Masalah datang di usia Rana yang kunjung menua namun dia belum menikah.

Maka tak heran jika Rana mendapat tekanan dari orang tua untuk segera menikah. Perjalanan mencari pasangan inilah yang membuat cerita film Cinta Suci Zahrana bergulir.
Sinopsis Lengkap:
Sukses Siti Zahrana di bidang akademis, malah membuat cemas orangtuanya, karena Zahrana belum juga menikah di usianya yang memasuki kepala tiga. Sudah banyak laki-laki yang meminangnya, namun Zahrana menolak dengan halus.

Konflik batin Zahrana timbul: menuruti keinginan orangtua atau mengejar cita-cita. Sebenarnya Zahrana sudah mengalah. Ia tak menerima tawaran jadi dosen di UGM. Alasannya karena orang tuanya yang tinggal di Semarang tidak mau jauh. Zahrana pun memilih mengajar di sebuah universitas di Semarang. Ia tetap bisa tinggal bersama orang tuanya. Zahrana juga mengalah pada orang tuanya hingga ia tidak mengambil tawaran beasiswa S3 di Cina.

Puncak konflik batin Zahrana ketika dilamar seorang duda, dekannya, begitu kembali dari Thinghua University sehabis menerima penghargaan. Zahrana tidak menerima lamaran atasannya itu meski orangtuanya kecewa. Alasan Zahrana semata-mata persoalan moral atasannya yang terkenal suka meminta setoran kepada mahasiswa bila ingin nilai bagus bahkan suka bermain cinta dengan mahasiswanya sendiri. Di samping alasan moral, Zahrana tak mungkin menerima lamaran atasanya yang berusia kepala lima.

Akibat menolak lamaran itu, Zahrana akan dipecat secara tidak hormat. Zahrana mendahului mengajukan pengunduran diri dan memilih mengajar di sebuah sekolah kejuruan teknik. Zahrana sadar, ia harus cepat-cepat bersuami. Hati Zahrana berargumen lain, bisa saja dirinya melanjutkan cita-cita di dunia kademik meski sudah bersuami. Ia pun minta saran kepada pimpinan pondok pesantren yang masih saudara jauh teman akrabnya. Oleh pimpinan pondok pesantren Zahrana dipertemukan seorang pemuda yang dari sisi pekerjaan kurang prestisius. Pemuda itu pedagang kerupuk keliling dan Zahrana merasa cocok. Ia bertekad mengabdikan hidupnya kepada Allah melalui ibadah dalam rumah tangga.

Celakanya, calon suaminya meninggal, tertabrak Kereta Api tak jauh dari perkampungan. Saat itu pula Zahrana merasa sudah mati. Ia hanya di rumah sambil menekuri diri. Sahabat-sahabat dan kerabatnya banyak yang berdatangan. Salah seorang penjenguk, dokter perempuan yang sempat mengobatinya di rumah sakit. Perempuan itu ternyata ibu mahasiswa bernama Hasan yang skripsinya sempat dia bimbiang. Kedatangan ibu dokter ini sekaligus mengobati luka cinta Zahrana.

Ibu dokter mengabarkan, anaknya, Hasan, berniat menikahinya. Betapa kaget dan bahagianya Zahrana. Zahrana menyampaikan satu syarat. Bila anak ibu dokter benar meminangnya, ia minta agar pernikahannya nanti malam setelah shalat tarawih. Tawaran diterima ibu dokter. Tepat jam tujuh malam, mereka melangsungkan pernikahan suci di masjid yang disaksikan para jamaah shalat tarawih. Malam pertama bulan Ramadhan menandai berakhirnya penderitaan Zahrana.
Negara & Tanggal Rilis:
Indonesia, 15 Agustus 2012
Klasifikasi: 13+
Bahasa: Bahasa Indonesia
Warna: Warna
Status: Selesai / Rilis
Cast & Crew
Pemain:
Pemeran Utama
Meyda Sefira Sebagai  Zahrana
Miller Sebagai  Hasan
Pemeran Pembantu
Amoroso Katamsi Sebagai  Pak Munajat
Cici Tegal Sebagai  Bu Karsih
Citra Kirana Sebagai  Nina
El Manik Sebagai  KH. Amir Shadiq
Faradina Sebagai  Lina
Kholidi Asadil Alam Sebagai  Rachmad
Lenny Marlina Sebagai  dr. Zulaikha
Merry Mustaf Sebagai  Ir. Merlin
Nena Rosier Sebagai  Bu Munajat
Rahman Yakob Sebagai  Sukarman
Sitoresmi Prabuningrat Sebagai  Nyai Saa'dah
Crew:
Tim Produksi
Produser Eksekutif Elly Yanti Noor
Produser Pelaksana Dani Sapawie
Manajer Produksi Eka Rahindra
Tim Tata Kamera
Penata Kamera Rudy Kurwet
Tim Tata Suara
Perekam Suara Adi Molana Machmud
Tim Tata Artistik
Penata Artistik El Badrun
Tim Tata Kostum
Penata Kostum Liza Mashita
Tim Tata Rias
Penata Rias Didin Syamsuddin
Tim Pasca Produksi
Penyunting Adegan Rizal Basri
Penata Musik Anto Hoed, Melly Goeslaw
Penata Suara Adityawan Susanto
Produksi:
Production Companies SinemArt Pictures
Materi Promosi
Galeri Foto
Trailer Film
» Cinta suci zahrana
Festival & Penghargaan
Belum ada informasi.
Ulasan
Trivia
Produksi: Film ini diadaptasi dari novel best seller buah karya Habiburrahman El Shirazy dengan judul yang sama.
Diskusi Film ini
Tutup topik
Tentang Indonesian Film Center | Kebijakan Privasi | Berkas Hukum | Periklanan | Bantuan | Kontak kami