Login | Daftar
Semua Daftar Pesanan
Kosong
IdFilmCenter
@idfilmcenter
Beritahu teman
Berita
Messageboard
Blog
Bantuan
Kontak kami
Tentang FilmInfo
Beri donasi ke Indonesian Film Center. Bantu kami melestarikan dan merestorasikan Materi Audio-Visual Indonesia. Lihat juga Tentang kami.
Kategori Info:
Kisah 3 Titik (2013)
 
Durasi:
104 Menit
Genre:
Drama
Produser:
Sutradara:
Penulis naskah:
Perusahaan film:
Informasi Dasar
Sinopsis Singkat:
Mengisahkan tentang 3 orang pekerja perempuan yang mempunyai 1 kesamaan nama "Titik". Mereka adalah Titik Sulastri, janda beranak 2 yang bekerja sebagai buruh kontrakan berupah rendah di sebuah pabrik garmen; Titik Dewanti Sari, perawan tua pemegang posisi bergengsi di sebuah perusahaan raksasa yang penuh skandal; dan Titik Kartika atau Titik Tomboy, anak preman yang bekerja sebagai buruh pabrik rumahan yang tidak takut mati demi keadilan. Tak hanya berbagi nama, ketiga Titik sama-sama terjebak dalam sebuah situasi yang membuat hidup mereka menjadi berubah 360 derajat.
Sinopsis Lengkap:
Kisah tentang tiga perempuan bernama:Titik.

Kisah pertama tentang Titik Sulastri atau Titik Janda yang sedang hamil anak kedua saat ditinggal mati suaminya karena kecelakaan di pabrik tempatnya bekerja. Tanpa tunjangan kematian, ia harus bekerja untuk bertahan hidup. Agar dapat diterima di pabrik garmen tempatnya melamar, ia harus menyembunyikan kehamilannya. Ia diterima sebagai pegawai kontrakan dengan upah yang rendah.

Titik Janda tinggal di perumahan kumuh yang sebagian besar penghuninya buruh. Ia bersahabat dengan mbah Dince, tetangga sebelahnya, seorang waria tua. Mbah Dince membuatnya lebih bijaksana dalam menerima nasib. Karakter-karakter unik di sekelilingnya juga membuat hidupnya lebih menarik sehingga kesedihan tidak terlalu ia rasakan.

Hari berlalu. Ia tidak bisa berbohong lagi tentang kehamilannya. Ia diminta mengundurkan diri. Titik kalut. Uangnya belum cukup terkumpul untuk biaya persalinan. Ia berjuang untuk dapat terus bekerja di pabrik tersebut. Atas bantuan seorang petinggi perusahaan pemilik pabrik, Titik Dewanti Sari atau Titik Manajer, Titik Janda dapat kembali bekerja setelah bayinya lahir. Ternyata kehadirannya kembali menimbulkan permasalahan yang lebih pelik lagi. Masalah tersebut tidak hanya menimpa Titik Janda, namun juga Titik Manajer yang membantunya.

Kisah kedua tentang Titik Manajer, perempuan kuper yang cerdas, serius dan ambisius dalam mengejar karier. Ia diangkat sebagai Manajer SDM untuk pabrik garmen yang baru dibeli oleh perusahaan raksasa tempatnya bekerja. Ia banyak menemui kesulitan dari rekan kerjanya. Belum lagi dari ribuan buruh yang harus ia tangani. Sisi kemanusiaannya bersinggungan dengan kepentingan perusahaan, sehingga kariernya berada di ujung tanduk. Dilema yang ia rasakan membuatnya menjadi terpojok dan hampir putus asa. Selama ini ia memiliki sebuah rahasia yang bisa membuat kariernya cepat melejit. Ia pikir, rahasia tersebut dapat menjadi senjatanya. Ternyata tidak.

Kisah ketiga tentang Kartika atau Titik Tomboy, anak preman kota yang kabur dari rumah sejak remaja. Ia dibesarkan di sebuah lingkungan keras. Itulah sebabnya ia berpenampilan seperti laki-laki. Titik Tomboy tidak kenal takut. Ia emosional dan berani melawan ketidak adilan. Walaupun begitu, sisi lembutnya terkadang keluar karena perasaannya terhadap Anto, sahabatnya, yang juga menyukai dia.

Titik bekerja di sebuah industri rumahan yang memproduksi sandal dan sepatu. Tempat ia bekerja itu sering mempekerjakan anak-anak sekolah karena upah mereka murah. Anak-anak itu sengaja dihadang oleh oknum makelar buruh di depan sekolah dan diiming-imingi uang jajan, sehingga pada akhirnya, mereka memilih untuk bolos sekolah dan bekerja mengelem sandal. Tak jarang, anak-anak itu menjadi ketagihan ngelem gara-gara pekerjaan ini.

Ia pun berjuang sendirian untuk menghentikan keadaan ini. Menurutnya, anak-anak harusnya hanya mengerti belajar dan bermain. Mereka tidak boleh bekerja. Karenanya, Titik pun dengan berani menantang para makelar, yang pada akhirnya mengorbankan dirinya sendiri. Anto pun tidak bisa berbuat apa-apa.
Negara & Tanggal Rilis:
Indonesia, 20 Mei 2013
Klasifikasi: 17+
Bahasa: Bahasa Indonesia
Warna: Warna
Status: Selesai / Rilis
Cast & Crew
Produser
Lola Amaria
Sutradara
Boby Prabowo
Penulis Naskah
Charmantha Adjie
Pemain:
Pemeran Pembantu
Dimas Hary C.S.P Sebagai  Mbah Dince
Donny Alamsyah Sebagai  Anto
Gary Iskak Sebagai  Daniel Bagawanta
Inggrid Widjanarko Sebagai  Mbak Tarsih
Lola Amaria Sebagai  Titik Dewanti Sari, Titik Manager
Lukman Sardi Sebagai  Agus
Maryam Supraba Sebagai  Kartika, Titik Tomboy
Rangga Djoned Sebagai  Joko
Ririn Ekawati Sebagai  Titik Sulastri, Titik Janda
Pemain
Arswendi Nasution  
Ence Bagus  
Gesata Stella  
Miea Kusuma  
Otiq Pakis  
Crew:
Tim Produksi
Manajer Produksi Danny Saputra, Novialita
Manajer Produksi Unit Lokal Syahrullah
Tim Penyutradaraan
Asisten Sutradara 1 Becky Wahyuni
Asisten Sutradara 2 Andi Sabwan Syam
Koordinator Pemain Gary Iskak
Tim Tata Kamera
Penata Kamera Nur Hidayat
Sinematografer / Operator Kamera Rejkie Dini Hari
Asisten Kamera 1 / Focus Puller Dodon Ramadhan
Asisten Kamera 2 / Clapper-Loader Papa Bielli Siregar
Tim Tata Cahaya
Penata Cahaya Benny Ruswandi, Budi Santoso
Tim Tata Artistik
Penata Artistik Saul Tanya
Tim Tata Kostum
Penata Kostum Victoria Meti Anastasia
Tim Tata Rias
Penata Rias Eba Sheba
Tim Pasca Produksi
Penyunting Adegan Wawan I. Wibowo
Asisten Penyunting Adegan Panji Pamikat
Penata Musik Thoersi Argeswara
Penata Suara Adityawan Susanto
Produksi:
Production Companies Lola Amaria Production
Materi Promosi
Galeri Foto
Trailer Film
» Kisah 3 Titik
Festival & Penghargaan
Festival Kota, Negara Tahun Penghargaan Penerima Hasil
Festival Film Indonesia Semarang, Indonesia 2013 Penata Musik Terbaik (Piala Citra) Thoersi Argeswara Nominasi
Ulasan
Trivia
Belum ada informasi.
Sumber dari: filmindonesia.or.id
Diskusi Film ini
Tutup topik
Tentang Indonesian Film Center | Kebijakan Privasi | Berkas Hukum | Periklanan | Bantuan | Kontak kami