Login | Daftar
Semua Daftar Pesanan
Kosong
IdFilmCenter
@idfilmcenter
Beritahu teman
Berita
Messageboard
Blog
Bantuan
Kontak kami
Beri donasi ke Indonesian Film Center. Bantu kami melestarikan dan merestorasikan Materi Audio-Visual Indonesia. Lihat juga Tentang kami.
Tentang Indonesian Film Center
Indonesian Film Center (IdFilmcenter) adalah sebuah portal film yang secara khusus dipersembahkan untuk film-film Indonesia. IdFilmcenter dibuat untuk mempromosikan film dan hasil karya video Indonesia, kepada penonton yang lebih luas, baik di dalam maupun di luar negeri.  
Portal film ini terdiri dari 5 bagian utama, di mana masing-masing bagian mempunyai keunikan yang tersendiri. Bagian-bagian tersebut adalah:

Bagian ini menampilkan karya video secara gratis. Anda dapat melihat dan mengunggah film pendek (maksimal 25 menit), dokumenter, trailer, video klip dan iklan yang dibuat oleh orang Indonesia (produser, sutradara atau penulis naskah).
 
 
Bagian ini dipersembahkan untuk film panjang (minimal 60 menit) yang dibuat oleh para sineas Indonesia, baik fiksi maupun dokumenter. Anda dapat menemukan segala informasi yang Anda butuhkan mengenai film panjang tersebut. Bagian "FilmInfo Pro" kami dedikasikan khusus untuk memfasilitasi jejaring antara para film professional, baik di Indonesia dan dunia internasional.
 
Bagian ini adalah toko film online. Anda dapat membeli film Indonesia dalam bentuk DVD atau VCD, atau meminjam dan menontonnya secara online dengan metode video streaming.
 

Bagian ini disediakan untuk  kabar berita terakhir tentang sinema Indonesia! Serta dapatkan agenda event dan festival yang akan diadakan!
 
 

Bagian ini dipersembahkan untuk materi arsip yang berhubungan dengan Indonesia. Saat ini, koleksi kami terdiri dari cuplikan-cuplikan video mulai dari tahun 1920-an sampai tahun 1965. Kami akan terus memperkaya koleksi kami dengan cuplikan-cuplikan video bersejarah tentang Indonesia.

Selain bagian-bagian tersebut, IdFilmcenter juga memiliki beberapa sarana tambahan, seperti:
>> Messageboard,
>> Blog, dan
>> Berita

Website ini tersedia dalam 2 bahasa: Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.  Anda dapat merubah versi bahasanya dengan meng-klik salah satu bendera di pojok kanan atas.
 
Untuk dapat menikmati fasilitas interaktif IdFilmcenter, silakan daftarkan diri Anda. Gratis.
 
 
 
 
 

Tentang Yayasan Pusat Film Indonesia.

Produk audiovisual seperti program – TV dan film mencerminkan waktu dalam hidup kita dan pertunjukan, dalam retrospektif, bagaimana waktu telah berkembang. Mereka menunjukkan baju yang kita kenakan, mobil yang kita kendarain, para pemimpin yang berkuasa. Soekarno-Hatta memimpin Indonesia menuju kemerdekaan, gambar dari Tsunami. Singkatnya: mereka adalah kenangan nasional untuk negara.

Tapi produk audiovisual sangat rapuh. Cetakan film, video dan audio kaset dengan mudah rusak tanpa perawatan dan sistem penyimpanan yang tepat. Mereka perlu disimpan di kamar yang dikendalikan temperaturnya  dalam rangka mempertahankan kualitas aslinya. Sayangnya Indonesia hanya memiliki sedikit ruangan tersebut.

Oleh karena itu sejarah audiovisual Indonesia menghilang dengan sangat cepat. Bahan film yang memburuk dan kaset video akan segera menjadi tidak bisa ditonton lagi karena kelembaban dan panasnya temperatur di Indonesia. Bahan film dari tahun 1945 sampai sekarang tersebar di arsip yang berbeda. Belum ada yang melakukan penelitian di tahap mana bahan dan berapa banyak bahan sejarah yang masih ada. Selama era Soeharto produksi audiovisual direkam pada kaset video. Kami tidak tahu kondisi dari kaset video dan apakah kaset masih dapat ditonton isinya.

Kita sangat prihatin dengan kondisi warisan audiovisual Indonesia di semua media: film, rekaman suara, kaset video, dan foto. Jika kita tidak segera bertindak, dalam beberapa tahun Indonesia tidak akan memiliki warisan audiovisual lagi. Artinya Indonesia akan kehilangan bagian dari Memory Nasional.

Dalam rangka untuk menyelamatkan film dari kerusakan dan akhirnya menghilang, kami telah mendirikan Yayasan Pusat Film Indonesia. Yayasan mengumpulkan uang untuk melestarikan dan mengembalikan semua film Indonesia, film panjang, film pendek dan dokumentasi. Anggota dari Yayasan  Pusat Film Indonesia adalah Tika Makarim, Hadi Artomo, Melia Oktia Suzana, Zakiah dan Orlow Seunke.

Selama proses mendirikan Yayasan ini, kami meminta saran dari beberapa ahli di audiovisual pengarsipan, termasuk:

1. Ad Polle (Belanda), Kepala Realisasi Proyek dari Koleksi Film di Museum Film Belanda di Amsterdam.

2. Ray Edmondson (Australia), Mantan direktur Film Museum Australia (Nfsa), Wakil Ketua, dan perwakilan dari sektor audiovisual dari Regional Asia / Pasifik, dan Memori internasional dari Komite Dunia dari PBB untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan (UNESCO ).

3. Thomas Bagel, direktur Alpha-Omega digital GmbH, Munchen.

4. Reto Kromer, seorang ahli restorasi, direktur reto.ch Ltd, sebuah fasilitas konservasi dan restorasi film berbasis di Swiss

Pada saat yang bersamaan kami telah membuat website, www.indonesianfilmcenter.com, yang merupakan Museum Film Virtual.
Kami membuat website untuk mengumpulkan sebanyak mungkin film Indonesia. Di masa depan (setelah pendigitalisasian) kami berharap untuk menyimpan semua film Indonesia.

Yayasan sangat membutuhkan uang untuk mengumpulkan, mendigitalkan, melestarikan dan merestorasi semua materi audiovisual Indonesia.
Kami meminta Anda untuk ikut menyumbang untuk menyelamatkan warisan audiovisual Indonesia.

 

Orlow Seunke

Jakarta.16 September 2012

 

Tentang Indonesian Film Center | Kebijakan Privasi | Berkas Hukum | Periklanan | Bantuan | Kontak kami