Rizal Mantovani
 
INFORMASI DASAR
Tempat / Tanggal Lahir : Jakarta, 12, August, 1967

Biografi Singkat:
Pada tahun 1991, Edward Buntario, art director di Creative Concepts, sebuah perusahaan periklanan di Jakarta, tertarik dengan poster-poster buatan Rizal. Edward mengenalkan Rizal kepada Richard Buntario yang akhirnya mengajak Rizal bergabung.

Setahun kemudian, Rizal ikut bergabung dengan Broadcast Design Indonesia (BDI) yang didirikan oleh Richard. Selain membuat iklan, BDI juga membuat acara televisi. Rizal pun akhirnya menjadi sebagai asisten Richard dan dilibatkan dalam penggarapan "Bursa Komedi" untuk RCTI.

Rizal kemudian merambah ke dunia pembuatan video musik. Karena menurutnya video musik saat itu (tahun 1990-an) membosankan dan kurang berwarna. Tawaran pertama datang untuk membuat video musik dangdut "Suka-Sukaku" yang dinyanyikan Helvy Mariyand. Kemudian menyusul video musik rapper Iwa K berjudul "Kuingin Kembali". Ketika ditayangkan, video musik ini dianggap sebuah terobosan baru dalam industri musik Indonesia. Sejak itu BDI menerima banyak permintaan untuk pembuatan video musik yang dikerjakan Richard bersamanya sebagai asisten.

Kerja sama itu berbuah manis. Keduanya meraih gelar sutradara terbaik dalam ajang Video Musik Indonesia 1995 pada acara perdananya melalui video musik "Cuma Khayalan" milik Oppie Andaresta. Duo ini semakin berkibar ketika meraih MTV Asia Viewers Choice Award dalam ajang MTV Music Awards pada 1995 berkat video musik "Sambutlah" yang dibawakan Denada.

Dari 1992 hingga 2007 dia sudah mengerjakan hampir 200 video musik dan beberapa iklan televisi, serta menyutradarai 5 buah film.


Biografi Lengkap:
Pada tahun 1996, Rizal keluar dari BDI dan mendirikan Avant Garde Productions bersama rekan-rekannya. Selain tetap menggarap video musik, dia menciptakan sekaligus menyutradarai serial komedi situasi Satu Atap (1996) dan Gen-X (1997), keduanya untuk ANTV.

Pada tahun yang sama, Mira Lesmana menawarinya untuk menyutradarai film "Kuldesak" bersama Mira, Riri Riza dan Nan Triveni Achnas. "Kuldesak" meluncur ke pasaran tahun 1998 dan mampu mengobati kerinduan publik terhadap film Indonesia, yang makin sepi karena aturan pembuatan yang ketat dan biaya produksi yang mahal. Film ini juga di nominasikan untuk mendapat Silver Screen Award kategori Best Asian Feature Film pada Singapore International Film Festival tahun 1999.

Kesempatan membuat film kembali datang dari Rexinema. Rizal mengajak Jose Poernomo untuk membantunya dalam penyutradaraan. Skenario ditulisnya bersama Jose dan scriptwriter Adi Nugroho. Cerita dalam film yang akhirnya diberi judul "Jelangkung" ini dikembangkan dari artikel yang pernah ditulis Rizal untuk majalah Neo.

Di luar dugaan, "Jelangkung" menjadi film yang diburu penonton dan menjadi film nasional pertama yang menembus pertunjukan midnight sampai 13 kali putar di Pondok Indah Mall serta film nasional pertama yang diputar di empat layar sekaligus di beberapa bioskop karena jumlah penonton yang membludak.

Di tahun 2003, Rizal akhirnya memisahkan diri dari Avant Garde dan mendirikan Dreamscape.
FILMOGRAFI
Filmografi :

Chrisye ( 2017 )

Sutradara

Wewe ( 2015 )

Sutradara

Demona ( 2015 )

Sutradara

Demona ( 2015 )

Produser

Crush ( 2014 )

Sutradara

5 CM ( 2012 )

Sutradara

Cewek Gokil ( 2011 )

Produser Eksekutif

Pupus ( 2011 )

Penata Artistik

Pupus ( 2011 )

Sutradara

Taring ( 2010 )

Sutradara

Mati Suri ( 2009 )

Sutradara

Kesurupan ( 2008 )

Sutradara

Kesurupan ( 2008 )

Produser Pendamping

Kuntilanak 3 ( 2008 )

Produser Eksekutif

Kuntilanak 2 ( 2007 )

Produser Eksekutif

Kuntilanak ( 2006 )

Produser Eksekutif

Satu Kecupan ( 2003 )

Produser Eksekutif

Jelangkung ( 2001 )

Penata Artistik

Jelangkung ( 2001 )

Penyunting Adegan

Jelangkung ( 2001 )

Operator Kamera Unit Kedua

Jelangkung ( 2001 )

Penulis Naskah

Kuldesak ( 1997 )

Penata Artistik

Kuldesak ( 1997 )

Penyunting Adegan

Kuldesak ( 1997 )

Sutradara

Kuldesak ( 1997 )

Penulis Naskah

MATERI DAN PROMOSI
FESTIVAL & PENGHARGAAN
Festival
Kota, Negara
Tahun
Judul Film
Award
Hasil
Festival Film Bandung
Bandung, Indonesia
2013
5 CM
Film Terpuji
Menang
Festival Film Bandung
Bandung, Indonesia
2013
5 CM
Sutradara Terpuji
Menang
Festival Film Indonesia
Semarang, Indonesia
2013
5 CM
Sutradara Terbaik (Piala Citra)
Nominasi
ARTIKEL
Belum Ada Informasi
TRIVIA
Belum Ada Informasi
All About Indonesian Film
Submit Film

Di sini, Anda dapat menonton film pendek Indonesia, berbagai jenis lainnya dari video di WatchFilm, anda juga bisa mencari info tentang film Indonesia favorit Anda di FilmInfo dan membelinya di FilmShop, dan kabar berita terakhir tentang sinema Indonesia

Powered by

Follow Us

Email Newsletters


Subscribe
Donate